Dark/Light Mode

Operasi Ketupat 2021 Sukses

Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto: Korlantas Top, Tak Ada Komplain

Selasa, 1 Juni 2021 19:42 WIB
Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar (kiri). (Foto: Istimewa)
Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar mengapresiasi kinerja Korlantas Polri, dalam Operasi Ketupat 2021.

"Saya mewakili teman-teman dari Kompolnas yang lain, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Korlantas beserta jajarannya, yang telah melaksanakan Operasi Ketupat 2021 dengan baik. Memuaskan,” ujar Pudji di Pos Penyekatan KM 34, Tol Cikampek, Jawa Barat, Senin (31/5). 

Pudji mengaku, Kompolnas tidak mendapatkan komplain apa pun terkait pelaksanaan Operasi Ketupat 2021. Artinya, kinerja Korlantas Polri dan jajarannya dalam melayani masyarakat selama Operasi Ketupat 2021 terkait peniadaan mudik, berjalan dengan baik.

Baca juga : Anggota Kompolnas Pudji Hartanto: Tunda Dulu Mudik Lebaran Kali Ini

"Kami dari Kompolnas, belum menerima atau bahkan tidak menerima namanya komplain. Baik secara tertulis, atau secara formal pengaduan tentang pelaksanaan operasi ketupat. Apakah itu terkait penyekatan, pelayanan dan sebagainya. Bahkan sebaliknya, mendapatkan apresiasi yang luar biasa,” papar Pudji.

Kompolnas sebagai pengawas eksternal, lanjutnya, memberikan 4 catatan penting yang menjadi fokus untuk diawasi, selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2021.

"Pertama, soal Sumber Daya Manusia (SDM) petugasnya. Kami konsentrasi terhadap kualitas, daripada anggota yang melaksanakan tugas. Menurut kami, SDMnya cukup,” jelas Pudji.

Baca juga : Anggaran 2021 Disetujui, Komisi X DPR Minta Perpusnas Tingkatkan Kolaborasi Program Strategis

"Kedua, soal kuantitas SDM. Jumlah anggotanya memadai. Kemudian hal yang lain, berkaitan dengan metode. Inovasi untuk melaksanakan kebijakan pelarangan mudik ini sudah baik dengan adanya penyekatan karena pandemi Covid-19 masih ada,” jelasnya.

Pudji juga menilai, sarana dan prasarana selama Operasi Ketupat 2021 cukup baik.

"Yang ketiga, berkaitan dengan masalah material. Yaitu kaitan dengan peralatan. Saya lihat, peralatan tadi mencukupi, karena kebijakan Kapolri dengan presisi ini kan berat. Sehingga, peralatan yang ada di operasi ketupat ini cukup baik,” jelasnya.

Baca juga : Operasi Ketupat Berakhir, Korlantas Polri Putar Balik 156.774 Kendaraan

Keempat, soal anggaran. Kompolnas mengawasi betul anggaran yang disiapkan Korlantas Polri dalam Operasi Jetupat 2021.

"Ini yang menjadi tolak ukur Kompolnas melakukan pengawasan. Kita pantau. Kita arahkan,” pungkas Pudji.

Dalam kebijakan pelarangan mudik pada 6-17 Mei 2021, Korlantas Polri menyiapkan titik penyekatan dari Bali hingga Sumatera. Serta menggelar random swab antigen terhadap pengendara dalam arus balik Lebaran 2021. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.