Dark/Light Mode

Demi Menyenangkan Hati Nasabah

Himbara Tunda Penyesuaian Biaya Transaksi Di ATM Link

Rabu, 2 Juni 2021 05:34 WIB
ATM Link (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
ATM Link (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sepakat menunda implementasi penyesuaian biaya transaksi cek saldo, dan tarik tunai yang dilakukan di mesin-mesin ATM Merah Putih atau ATM dengan tampilan ATM Link.

Dengan begitu, penyesuaian tarif yang awalnya akan diimple­mentasikan pada 1 Juni 2021, akan dijadwalkan kembali. Pe­nundaan ini diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat lebih luas lagi.

Melalui perwakilan Himbara, Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Adi Sulistyowati menegaskan, penundaan ini membuat para nasabah tetap bisa menikmati layanan cek saldo dan tarik tunai ATM secara gratis di semua ATM Link.

Baca juga : Himbara Tunda Penyesuaian Biaya ATM Link

Meski tarif transaksi di ATM Link nantinya akan disesuaikan, para nasabah Himbara juga masih bisa menikmati layanan cek saldo dan tarik tunai secara gratis melalui ATM yang berlogo sama dengan penerbit kartu.

Misalnya, jelas wanita yang akrab dipanggil Susi ini, pemilik kartu ATM BNI tidak dikenakan biaya transaksi jika digunakan di ATM Link BNI.

“Nasabah juga memiliki pilihan untuk melakukan pengecekan saldo secara gratis, melalui layanan mobile banking,” jelas Susi dalam keterangan resminya ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Gratis! Yuk Intip Biaya Transaksi Di ATM BNI

Setelah perubahan tarif nanti diberlakukan, BRI, BNI, Mandi­ri dan BTN yang bergabung dalam layanan ATM Link, juga memastikan layanan transaksi di ATM Link akan lebih baik.

Dengan jaringan yang luas sampai ke area remote, dengan dukungan lebih dari 45 ribu ATM, sebagai perwujudan komitmen Himbara dan Jalin un­tuk tetap mengakselerasi inklusi dan literasi keuangan.

“Tetapi patut diingat, penye­suaian tarif baru untuk tarif cek saldo dan tarik tunai, tetap akan lebih rendah dibandingkan jaringan ATM lain di Indonesia,” tegas Susi.

Baca juga : Gagap Membaca Tanda, Bisa Berabe

Khusus untuk nasabah penerima bantuan sosial (bansos), cek saldo dan tarik tunai di ATM Link tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Selain jangkauan yang lebih luas, penyesuaian biaya transak­si ATM Link diharapkan mem­berikan dampak positif pada peningkatan kualitas layanan, keamanan, dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.