Dark/Light Mode

Demi Menyenangkan Hati Nasabah

Himbara Tunda Penyesuaian Biaya Transaksi Di ATM Link

Rabu, 2 Juni 2021 05:34 WIB
ATM Link (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
ATM Link (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).

 Sebelumnya 
“Himbara juga mengajak na­sabah untuk dapat bertransaksi secara nontunai (cashless), dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digi­tal,” ajak Susi.

Ada pun, rencananya tarif yang diberlakukan pada transaksi cek saldo menjadi Rp 2.500 dan tarik tunai menjadi Rp 5.000. Tadinya kebijakan tersebut ter­hitung mulai 1 Juni 2021 dan berlaku sampai dengan adanya penyesuaian di kemudian hari.

Sementara, transaksi transfer antarbank tidak dilakukan pe­rubahan biaya atau tetap dike­nakan tarif Rp 4.000. Namun untuk transaksi cek saldo dan tarik tunai nasabah di jaringan ATM masing-masing bank, tidak ada perubahan biaya atau tetap mengikuti ketentuan dari masing- masing bank.

Baca juga : Himbara Tunda Penyesuaian Biaya ATM Link

Himbara menyatakan, nasabah bank BUMN tetap dapat bertran­saksi di ATM Himbara (ATM Link) tersebut dengan biaya yang lebih hemat, jika dibandingkan dengan biaya transaksi di luar ATM Link. Biaya transaksi di luar ATM Link tersebut sebesar Rp 4.000 untuk cek saldo, Rp 7.500 untuk tarik tunai, dan Rp 6.500 untuk transfer.

Pengamat ekonomi dari Cen­ter of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Ab­dullah mendukung penundaan tarif di ATM Himbara. Karena, menurutnya, hal tersebut penting guna menjaga kepercayaan dan kenyamanan nasabah dalam menggunakan ATM Link.

Sebelum Himbara menunda penyesuaian tarif tersebut, Piter menilai, opini masyarakat kadung terbentuk mengenai Bank Himbara yang hanya fokus pada keuntungan tanpa memikirkan nasabah.

Baca juga : Gratis! Yuk Intip Biaya Transaksi Di ATM BNI

Menurutnya, keputusan bank Himbara mengenakan biaya pada transaksi di ATM Link tidak akan menguntungkan mereka.

“Bahkan bisa merugikan dari perspektif jangka panjangnya,” katanya.

Piter berpendapat, meski ke­naikan biaya transaksi ATM Link bukan merupakan beban berat, tetap saja penyesuaian tarif tidak menyenangkan nasabah.

Baca juga : Gagap Membaca Tanda, Bisa Berabe

“Namun sekali lagi, kebi­jakan Himbara itu keputusan yang harus dihormati. Sebab, langkah tersebut diambil un­tuk kebaikan nasabah bank BUMN,” katanya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.