Dark/Light Mode

Perpanjangan PPKM Mikro Memang Berat

Lebih Berat Lagi Bila Kasus Covid-19 Makin Parah

Rabu, 2 Juni 2021 07:40 WIB
Perpanjangan PPKM Mikro. (Foto : Twitter @Witri_TheWriter).
Perpanjangan PPKM Mikro. (Foto : Twitter @Witri_TheWriter).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat skala Mikro (PPKM Mikro) di seluruh provinsi Indonesia mulai 1-14 Juni 2021. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Netizen pun merespons kebijakan ini. Akun @Witri_TheWriter mengunggah foto beberapa orang yang berdiri di depan baliho bertuliskan “Kampung Siaga Covid-19. Dia berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir dan dapat menjalani kehidupan normal seperti dulu.

Berita Terkait : PPKM Mikro Dinilai Pas Digabungin Dengan Dana Desa

“Sejujurnya, perpanjangan PPKM ini me­mang terasa berat. Akan tetapi akan lebih berat lagi jika banyak kasus Covid-19 dan pandemi akan semakin lama,” ujar Witri.

Akun @Bank_Aconk mengatakan, pemerintah memperpanjang PPKM Mikro mulai 1 Juni-14 Juni 2021. Tujuannya tentu saja untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pemerintah juga memperluas pemberlakuan PPKM Mikro di 4 wilayah. “Yatiu, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat,” katanya.

Berita Terkait : Ngeri! Penularan Corona Malaysia Kalahkan India

PPKM mikro kali ini, lanjut @94afii, mem­berlakukan jam malam. Warga boleh keluar masuk wilayah RT maksimal jam 8 malam. “Biar sekalian istirahat juga ya. Jaga kesehatan ya, gaes!,” ujar @94afii.

Menurut @sanidiary, ada beberapa aturan yang harus dijalankan selama PPKM Mikro. Yaitu membatasi tempat kerja/perkantoran dengan menerapkan Work from Home (WFH) sebesar 50 persen dan Work from Office (WFO) 50 persen. Jam operasional pusat perbelanjaan/mal pun dibatasi sampai jam 9 malam. “Tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat,” kata dia.

Berita Terkait : Pangdam Udayana Klaim Kasus Covid-19 Di Bali Turun

“Momen Lebaran sepertinya yang bikin naik lagi,” tuding @narkosun. “Dukung dan sukses­kan PPKM Skala Mikro,” ajak Dinda Affinda.
 Selanjutnya