Dark/Light Mode

Miliki Ruang Isolasi

Kapal BRS Buatan PT PAL Setara Rumah Sakit Tipe C

Jumat, 4 Juni 2021 05:36 WIB
PT PAL Indonesia (Persero) mencatat, Kapal Bantu Rumah Sakit memiliki kemampuan setara rumah sakit tipe C. (Foto: Dokumentasi PT PAL)
PT PAL Indonesia (Persero) mencatat, Kapal Bantu Rumah Sakit memiliki kemampuan setara rumah sakit tipe C. (Foto: Dokumentasi PT PAL)

 Sebelumnya 
Selain itu, kapal BRS sepanjang 124 meter ini dilengkapi dengan mesin pokok sebesar 2 x 5420 kW, dengan jarak jelajah mencapai 10.000 Nauti­cal Miles (NM) dengan kecepatan maksimal 18 knots. Serta memiliki kemampuan kapasitas angkut total personil 643 orang termasuk 159 pasien. Dan di­lengkapi juga dengan dua unit LCVP, satu unit RHIB (Rigid Hulled Inflatable Boat), dua unit Ambulance Boat.

Tidak hanya itu, kapal ini juga memiliki kapasitas untuk mengang­kut empat ambulance, tiga mobile hospital, satu mobile decompres­sion dan satu mobile X Ray.

Baca juga : China Panas Dingin, Kapal AS Lewat Selat Taiwan

“Fungsi kapal BRS sangat sesuai dengan karakteristik dan kawasan maritim Indonesia,” kata Budi.

Budi menuturkan, sebagai negara kepulauan yang terletak di lintasan ring of fire, Indonesia memiliki kerentanan bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi yang dapat diikuti oleh bencana sekunder, seperti tsunami dan lainnya.

Baca juga : Digitalisasi Kerek Layanan Rumah Sakit

“Dengan situasi tersebut, ka­pal BRS bersifat mobile dan dapat digerakkan dalam waktu singkat ke wilayah terdampak bencana untuk melaksanakan kegiatan tanggap darurat ben­cana,” terangnya.

Berdasarkan Undang-Undang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI) nomor 34 tahun 2004, da­lam misi OMSP (Operasi Militer Selain Perang), kapal BRS da­pat melaksanakan tugas operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. Serta membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).

Baca juga : Prabowo Tak Tersinggung

“Tidak terbatas pada situasi itu, kapal BRS juga memiliki kapabilitas pelaksanaan misi diplomasi internasional,” ung­kapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.