Dark/Light Mode

Tahun Depan Pemilu 2024 Dimulai

Awas, Menteri Parpol Mulai Hilang Fokus

Senin, 7 Juni 2021 07:40 WIB
Menteri Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Biro Pers)
Menteri Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perang melawan Corona dan memulihkan kembali ekonomi yang porak-poranda akibat pandemi, masih belum ada tanda-tanda selesai. Namun, di tengah beratnya tugas tersebut, ada peristiwa yang mengancam akan mengganggu konsentrasi kerja pemerintah. Mulai tahun depan, tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai. Awas, menteri parpol hilang fokus.

Pemerintah, DPR, KPU dan Bawaslu menyepakati, Pemilu 2024 bakal digelar 28 Februari 2024. Sementara masa tahapan pemilu diperpanjang, menjadi 25 bulan. Dengan demikian, mulai Maret tahun depan, tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai.

Sementara itu, di tengah semarak menyambut hajat lima tahunan, ancaman virus Corona masih cukup mengkhawatirkan. Belum ada tanda-tanda virus sialan itu akan segera minggat. Justru, saat ini sedang terjadi lonjakan kasus di berbagai daerah di Tanah Air.

Berita Terkait : Gerindra Endus RekanĀ Koalisi Serang Prabowo

Pemerintah yang punya tanggung jawab besar memimpin perang melawan Corona, bakal terganggu konsentrasinya. Mengurus tugasnya di pemerintahan, tapi juga sibuk menghadapi persiapan Pemilu 2024. Mengingat, banyak menteri di kabinet saat ini yang merupakan pimpinan dan kader parpol.

Siapa saja? Pertama, Airlangga Hartarto. Selain sebagai Menko Perekonomian, Airlangga merupakan Ketum Partai Golkar. Selain Airlangga, ada lagi 2 menteri yang merupakan ketua umum parpol. Dia adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. Prabowo merupakan Ketum Partai Gerindra. Sedangkan Suharso adalah Ketum PPP.

Selain pimpinan parpol, ada juga menteri di kabinet yang merupakan petinggi parpol. Dari Golkar ada 2, yakni Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali. Gerindra ada 1, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Berita Terkait : Sri Mulyani Lempar Handuk

Dari PKB, tiga kadernya yang duduk di kabinet juga merupakan petinggi partai. Dia adalah Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Abdul Halim Iskandar, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

NasDem juga menempatkan 3 pengurus penting partainya sebagai menteri. Dia adalah Menkominfo Johhny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Menteri dari PDIP lebih banyak lagi. Yakni, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati Puspayoga, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
 Selanjutnya