Dark/Light Mode

Sehari 90 Warga Positif, Pemkab Bogor Siaga

Rabu, 16 Juni 2021 08:13 WIB
Bupati Bogor, Ade Yasin
Bupati Bogor, Ade Yasin

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus penularan Covid-19 di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, terus melonjak. Tercatat dari 50 an per hari, sekarang sudah mulai naik ke angka 90 an warga yang positif per harinya.

Pemkab Bogor langsung menyiagakan petugas Satpol PP di setiap desa dan kelurahan sebagai langkah untuk menangani lonjakan kasus penularan Covid-19 di wilayahnya.

"Setiap anggota ditugaskan turun ke desa, untuk menekan laju kenaikan kasus Covid-19," ungkap Kasapol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah di Cibinong, Bogor, dikutip Antara Selasa (15/6).

Baca juga : Setelah 14 Hari Vaksinasi, Boleh Donor Darah...

Menurut dia, jumlah personel yang dikerahkan, sebanyak 435 anggota. Masing-masing disebar ke 416 desa dan 19 kelurahan yang ada di Kabupaten Bogor.

"Nantinya, di wilayah kegiatan yang menciptakan kerumunan akan lebih terpantau dan lebih mudah ditindak karena setiap anggota diberi tanggung jawab satu desa," kata Agus.

Sementara, Bupati Bogor, Ade Yasin menyebutkan bahwa pihaknya terus melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro. 

Baca juga : Partai Garuda Protes Pajak Sembako

Pengerahan Satpol PP menurutnya, dilakukan untuk dapat melakukan pengawasan secara merata, mengingat luasnya wilayah Kabupaten Bogor, yakni 40 kecamatan.

"Jika kita abai, yang rugi diri kita sendiri. Jadi saya tetap ingatkan terus masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan terutama menggunakan masker," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu.

Ia mencatat, angka penularan Corona di wilayahnya kembali melonjak pada 10 Juni 2021, yakni sebanyak 95 kasus.Lonjakan terjadi setelah angkanya mulai landai sekitar 50 kasus hingga 60 kasus per hari.

Baca juga : Blokir Pelaku Body Shaming

Seperti pada Senin (14/6) malam, kasus penularan harian di Kabupaten Bogor tercatat sebanyak 95 kasus baru.Selama pandemi, terdapat 18.836 kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor, dengan rincian 604 kasus berstatus aktif, 110 kasus meninggal dunia, dan 18.116 kasus sembuh.

Ade menduga, bahwa lonjakan angka penularan Covid-19 di wilayahnya merupakan akibat libur panjang saat perayaan Idul Fitri lalu.

"Tadinya sempat melandai di angka sekitar 50 an per harinya, tapi sekarang sudah mulai naik lagi ke angka 90 an. Tingkat okupansi hunian di rumah sakit juga mulai naik, tadinya sebelum Lebaran di angka 20 persen ke bawah sekarang hampir 50 persen," kata Ade. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.