Dark/Light Mode

Kapolda Metro Minta Kapolsek Perketat Pengawasan Di Zona Oranye

Minggu, 20 Juni 2021 18:40 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Fadil Imran. (Foto: Ist)
Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Fadil Imran. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Fadil Imran memerintahkan seluruh Kapolsek memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro di lingkungan Rukun Tetangga (RT) zona oranye.

Fadil menegaskan, para Kapolsek perlu intervensi langsung mengimbau warga supaya tetap di rumah saja jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Baca juga : Kalau Pilih PPKM Mikro, Intan Minta Pemerintah Tegas Tegakkan Aturan

"Saya sudah bilang pada semua Kapolsek, jangan sampai tunggu zona merah baru pengetatan. Jadi mulai dari kemarin, zona oranye itu sudah dilakukan intervensi untuk pembatasan kegiatan masyarakat," ujar Fadil saat mengawasi PPKM di Kampung Tangguh Jaya RW 08 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (20/6).

Di Kampung Tangguh Jaya, Fadil mencontohkan intervensi di basis komunitas yakni lingkungan RT dan RW. Didampingi Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol. Guruh Arif Darmawan, Fadil mengarahkan anggotanya yang hadir di Kampung Tangguh Jaya RW 08.

Baca juga : Covid Naik Tajam, KAI Perketat Penerapan Prokes

"Seperti ini kita harus rajin keliling. Berikan imbauan di rumah saja. Kalau ada yang berkumpul, berkerumun, langsung kita bubarkan," ungkap mantan Kapolda Jawa Timur ini kepada anggotanya.

Selain itu, polsii juga harus piawai menginformasikan kepada warga bahwa di wilayahnya ada yang positif Covid-19, melakukan pelacakan (tracing), dan penanganan (treatment) terhadap warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif.

Baca juga : Demokrat Siap Jegal Di Senayan

Fadil berharap kunjungan tersebut mampu mengoptimalkan PPKM Mikro, optimalisasi operasi yustisi, dan program vaksinasi Covid-19.

"Mudah-mudahan kombinasi antara PPKM Mikro dengan yustisi, juga program vaksinasi ini dapat memutus mata rantai penyebaran Corona," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.