Dark/Light Mode

Eks Pejabat Kemensos Ajukan JC, Ini Respon Kubu Juliari

Selasa, 22 Juni 2021 16:37 WIB
Mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek bansos di Kemensos. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek bansos di Kemensos. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Selain itu, gaya hidup Matheus juga mencerminkan dirinya bukan sosok yang memegang kesusilaan sesuai kebiasaan orang Indonesia.

Matheus terlibat hubungan asmara dengan Daning Saraswati, bos PT Rajawali Parama Indonesia (RPI), vendor akal-akalan yang didirikan keduanya untuk cawe-cawe dalam proyek bansos.

Baca juga : Terpojok Kesaksian Vendor, Pejabat Kemensos Ajukan JC

Kesaksian terpidana kasus ini, Harry Van Sidabukke mengungkapkan hal itu. Matheus pernah memperkenalkan Daning sebagai istri muda, tanpa ikatan pernikahan, kepada Harry.

Matheus disebut Harry memberikan modal sebesar Rp 3 miliar untuk pendirian RPI. Selain memperoleh modal usaha untuk mendirikan PT RPI, Daning juga mendapat jatah rumah di daerah Cakung Jakarta Timur, mobil Toyota Vios dan Toyota Cross, dan safe deposit box (SDB) BRI senilai Rp 1,8 miliar.

Baca juga : Vendor Bansos Akui Serahkan Duit Ratusan Juta ke Anak Buah Eks Mensos Juliari

Kesaksian lain Harry yang memberatkan Matheus adalah, dia tidak pernah memberikan komitmen fee kepada Juliari. Permintaan fee itu disebutnya inisiatif dari Matheus. Karena itu, Maqdir menegaskan, Matheus sudah jelas berupaya menyembunyikan kejahatannya dengan melempar tanggung jawab kepada kliennya.

"Saksi seperti MJS ini adalah saksi yang tidak bertanggung jawab. Dia adalah orang mau cari kekayaan dan hidup bersenang-senang, kemudian melemparkan tanggung jawab ke atasan. Makanya saya katakan ini adalah saksi durhaka," tandas Maqdir. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.