Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kuatkan Sinergi, Pengantar Kerja Dapat Materi Angklung Motivator

Kamis, 24 Juni 2021 15:07 WIB
Motivator Angklung Joko Nugroho (Foto: Istimewa)
Motivator Angklung Joko Nugroho (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Acara Sinergitas Pengantar Kerja Pusat Dalam Era Digitalisasi yang dilaksanakan di Hotel Novotel Bogor, pekan lalu, tidak hanya diisi dengan pembekalan satu arah oleh narasumber. Di acara itu, para petugas Pengantar Kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) juga diberikan materi untuk melatih sinergi melalui angklung, memasak, dan olahraga.

Motivator Angklung Joko Nugroho menerangkan, aktivitas yang cenderung bermain meniadakan kesan menceramahi apalagi menggurui. Pelatihan ini menjadi terasa sebuah hiburan atau malah dianggap pertunjukan. 

Baca juga : Kemenhub Pertajam Bisnis Kapal Angkutan Ternak

“Kesan ini tidak mengurangi bobot pelatihan, tetapi mempunyai nilai lebih karena peserta nyaman, sementara pesan-pesan dan muatan materi tetap tersampaikan dengan efektif," ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (24/6).

Joko menyebutkan, dengan media angklung, para peserta diharapkan bisa menunjukkan bahwa harmoni kerja bisa tercipta jika semua mengetahui peranan masing-masing di setiap unit kerja. Angklung motivatisi ini sudah menunjukkan bahwa harmoni kerja bisa tercipta jika semua peserta mengetahui apa peranannya, bekerja di saat yang tepat, dan tahu menempatkan diri. Menurut Joko, yang tak kalah penting, pemimpin perubahan harus tahu untuk mengarahkan semua orang agar harmoni tersebut bisa tercipta.

Baca juga : Menaker Minta Petugas Pengantar Kerja Siap Hadapi Digitalisasi

Sementara, pada sesi team building FoodFight yang dipandu Iyan Govan, motivator meminta peserta memasak secara tim tapi pesertanya bergantian. "Di setiap tim kerja kan dibutuhkan kerja sama yang harmoni, seirama dan seimbang. Nah, dengan cara memasak peserta ketahuan bisa bekerja sama atau tidak dalam tim. Dari sini diharapkan peserta makin menyadari pentingnya bekerja sama dalam satu tim unit kerja." kata Iyan Gohan.

Begitu juga saat sesi team building The Tower, diberikan motivasi membangun kerja sama dalam kesatuan kerja. "Setiap permainan yang ditampilkan selalu ada pembelajaran buat peserta. Tinggal pesertanya nyimak apa nggak, kadang kala kan ada peserta yang cuek," tegas pria berusia 39 tahun ini.

Baca juga : Megan Davison, Ramah Kepada Suporter Inggris

Iyan menambahkan, di setiap permainan yang ditampilkan selalu berbeda, apalagi kegiatan yang pesertanya pegawai lembaga negara. "Saya selalu mengedepankan fun-nya dulu, biar peserta merasa happy. Begitu merasa nyaman, biasanya pada ikut," pungkasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.