Dark/Light Mode

Jumlah Konsumen Dompet Digital Melonjak

Pengguna Butuh Jaminan Transaksi Dan Simpanan

Jumat, 25 Juni 2021 05:20 WIB
Ilustrasi Dompet Digital. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi Dompet Digital. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada Mei 2021, dibandingkan dengan tahun lalu (Mei 2020).

“Pertumbuhan rata-rata tran­saksi per hari yang dibukukan pada Mei 2021 tercatat me­ningkat sebesar 164 persen,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) dan Co-Founder Dana, Vince Iswara dalam keterangan resminya, kemarin.

Pertumbuhan rata-rata tran­saksi per hari dengan meng­gunakan dompet digital Dana didorong oleh meningkatnya berbagai aktivitas transaksi nontunai digital.

Baca juga : Raih 70 Juta Pengguna, Transaksi Dana Tumbuh 164 Persen

“Artinya, teknologi finansial yang kami kembangkan makin inklusif dan menghadirkan man­faat yang kian luas,” ucapnya.

Senior Vice President (VP) of Product Dana Rangga Wiseno mengatakan, dari beragam fitur yang telah dikembangkan Dana, terdapat lima fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna pada semester per­tama 2021. Fitur-tersebut adalah Qris Payment, Send Money atau Kirim Uang, pembelian pulsa prabayar untuk telepon seluler, pembayaran Online Commerce dan fitur Biller untuk pembayaran tagihan-tagihan.

Kelima fitur tersebut, juga mencatat peningkatan signifi­kan, baik dari jumlah transaksi maupun pengguna aktif bulanan­nya atau Monthly Active User (MAU). Transaksi dengan meng­gunakan Quick Response Indone­sian Standard (QRIS) Payment meningkat sebesar 131 persen dan MAU meningkat 309 persen.

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, NasDem Minta Tempat Wisata Dan Hiburan Ditutup

Pada fitur Send Money tran­saksi meningkat 99 persen dan MAU meningkat 91 persen. Sementara itu transaksi pem­belian pulsa seluler prabayar meningkat 174 persen dan MAU meningkat 200 persen.

Adapun fitur pembayaran online mengalami kenaikan transaksi sebesar 91 persen dan MAU sebesar 73 persen. Sedangkan fitur pembayaran tagihan transaksinya naik sebesar 93 persen dengan jumlah MAU meningkat sebesar 103 persen.

“Kelima fitur-fitur di atas menjadi kontributor utama ter­hadap pertumbuhan Dana pada semester pertama 2021 ini,” pungkas Rangga. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.