Dark/Light Mode

Catatan Eros Djarot: Pertemuan Dan Pesan Terakhir Rachmawati Soekarnoputri

Sabtu, 3 Juli 2021 15:01 WIB
Kenangan Eros Djarot (kanan) bersama Rachmawati Soekarnoputri (tengah) dan Presiden ke-4 RI Abdurrachman Wahid (kiri). (Foto: Istimewa)
Kenangan Eros Djarot (kanan) bersama Rachmawati Soekarnoputri (tengah) dan Presiden ke-4 RI Abdurrachman Wahid (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satu lagi tiang penyangga ajaran Bung Karno meninggalkan dunia fana. Rachmawati Sukarnoputri berpulang ke alam baka menghadap Sang Khalik, Sabtu (3/7) dini hari di RSPAD Jakarta, karena Covid-19.

Berita duka ini, saya terima langsung dari Bung Eko, orang dekat kepercayaan Rachma, sesaat setelah kepergian almarhumah.

Saya pun langsung tundukan kepala dan berdoa…Al Fatihah. Semoga almarhumah husnul khotimah, amin.

Baca juga : Innalillahi, Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia Di RSPAD

Saat menerima berita duka ini, pikiran pun langsung menghadirkan peristiwa beberapa hari jelang haul Bung Karno, 21 Juni 2021.

Saat itu, Bung Eko menghubungi saya, menyampaikan keinginan Rachma. Agar saya bisa datang ke rumahnya, untuk membicarakan berbagai hal.

Seperti biasa, saat bertandang dan bertemu dengannya, kami pun ngobrol di sebuah meja makan. Tempat biasa kami bertemu. Siang itu, hadir bung Eko, Kristanto asisten Rachma, anak Rachma Dadek dan istrinya.

Baca juga : Ferdinand Hutahaean Dorong Kapolri Sikat Pungli Dan Premanisme Di Luar Pelabuhan

Seperti biasa pula, pembicaraan tidak lepas dari masalah kehidupan berbangsa dan bernegara, yang menjadi tema sentral obrolan di setiap temu kangen. Istimewanya, saat itu, pertemuan tidak seperti biasa.

Dialog berjalan minus suara tinggi yang biasanya setiap menit hadir, keluar dari mulut Rachma. Siang itu, ia lebih tenang, banyak senyum, dan bicara pun cukup datar dan menyejukkan.

Kritikan tajam, dilontarkan Rachma dengan nada suara yang lebih tenang dan terdengar hangat. Bahkan, pada saat obrolan masuk ke masalah Megawati - kakaknya yang selama ini dianggap sebagai lawan politiknya -, percakapan tidak seperti biasanya.

Baca juga : PFLP Serukan Intifada!

Ia lebih menempatkan diri sebagai adik, yang tidak ada sedikit pun kesan menyimpan rasa bermusuhan, sebagaimana biasanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.