Dark/Light Mode

Catatan Eros Djarot: Pertemuan Dan Pesan Terakhir Rachmawati Soekarnoputri

Sabtu, 3 Juli 2021 15:01 WIB
Kenangan Eros Djarot (kanan) bersama Rachmawati Soekarnoputri (tengah) dan Presiden ke-4 RI Abdurrachman Wahid (kiri). (Foto: Istimewa)
Kenangan Eros Djarot (kanan) bersama Rachmawati Soekarnoputri (tengah) dan Presiden ke-4 RI Abdurrachman Wahid (kiri). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Satu hal yang mengejutkan, ketika saya mendengar reaksinya saat saya sedikit keras mengkritiknya. 

"Ma…kenapa sih kamu ini selalu nyerang Adis (panggilan Megawati). Mbok ya sudah to. Yang damai, dan jangan marah-marah terus. Apalagi, kesehatanmu harus dijaga dan itu yang lebih penting saat ini dijaga dan diperhatikan. Berhenti deh marah-marah. Jangan lagi seperti bermusuhan abadi!" begitu kata saya.

Baca juga : Innalillahi, Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia Di RSPAD

Biasanya, setiap kali saya mengajukan ajakan seperti nada di atas, reaksinya begitu keras. Seakan meraung bak macan betina yang terluka, marah, sambil unjuk taring dan kuku tajamnya.

Namun dalam pertemuan siang itu, ia sangat jauh berbeda. Dengan lembut dia merespon, "Mas Erros…pintu rumahku terbuka lebar untuk menyambut kedatangan Adis kapan aja..silakan. Ayo kita ngomong baik-baik. Nggak ada marah-marah. Kita bicara sebagai kakak dan adik. Kalau perlu, nggak usah masuk ke pembicaraan masalah politik. Silakan kapan saja. Atur deh…dan kalian (kepada yang hadir saat itu), kalian semua saksi ya atas apa yang saya katakan ini".

Baca juga : Ferdinand Hutahaean Dorong Kapolri Sikat Pungli Dan Premanisme Di Luar Pelabuhan

Mendengar apa yang baru saja ke luar dari mulut Rachma, suasana hati dan batin saya menjadi sejuk. Kepadanya saya katakan, tidak benar bahwa selama ini Adis tak mau tahu soal dirinya.

Bahkan, pada saat terjadi musibah masalah tuduhan makar terhadap dirinya, seluruh keluarga berusaha meyakinkan para pihak, tidak benar Rachma berbuat seperti itu.

Baca juga : PFLP Serukan Intifada!

Saya sampaikan juga kepada Rachma, bahwa baru beberapa hari lalu saya bicara dengan Mas Tok (Guntur) dan Sukma. Mereka semua menyayangimu dan sangat prihatin atas penderitaan penyakitmu.

Tidak benar mereka cuek dan menjauhimu. Semua menyayangimu, juga Guruh!
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.