Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dilarang Makan Di Warung, Ganjar Habiskan Ransum Bikinan Istri Di Parkiran

Minggu, 4 Juli 2021 21:02 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melahap ransum di parkiran Kantor PJR, Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (4/7). (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melahap ransum di parkiran Kantor PJR, Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (4/7). (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berlaku bagi siapa saja. Tak terkecuali bagi orang nomor satu di Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo.

Untuk mematuhi aturan PPKM Darurat yang tak membolehkan restoran atau warung melayani makan di tempat, Ganjar bersedia makan di parkiran.

Ceritanya, usai sidak pelaksanaan PPKM Darurat di Pekalongan dan Pemalang, Ganjar meminta sopirnya berhenti sebentar di kantor PJR yang berada di samping pintu masuk gerbang tol Pemalang.

Baca juga : Asosiasi Anggota Kadin Siap Sukseskan Munas VIII Di Kendari

Jarum jam menunjukkan pukul 15.20 WIB saat mobil yang ditumpangi Ganjar masuk pintu tol Pemalang. Ganjar langsung menuju masjid untuk salat Ashar. Setelahnya, ia kembali masuk ke mobil dan mengambil sebuah kotak kecil berwarna putih.

Ternyata, kotak kecil itu adalah ransum berisi makan siang. Ganjar lantas berjalan ke parkiran mobil polisi patwal dan membuka ransum makan siangnya itu. Di dalam ransum Ganjar, hanya ada nasi putih dan dua tempe goreng berukuran kecil. Plus bungkusan sayur lodeh yang kemudian dicampurkan jadi satu dalam ransum tersebut.

Ganjar pun mencari tempat untuk makan. Ia duduk di pembatas parkiran mobil, tanpa alas, kursi, apalagi meja makan. Beberapa ekor kucing liar mendekat dan merayu meminta jatah makanan. Ganjar memakan bekal yang dibawakan istrinya dengan lahap.

Baca juga : Industri Penerbangan RI Makin Kembang Kempis

"Wah kucinge njaluk jatah (kucingnya minta jatah). Saya numpang makan di sini ya pak. Ayo pak ikut makan, itu ada nasi kotak diambil. Makannya di sini saja. Jaga jarak ya," ujar Ganjar menawarkan makan kepada polisi yang mengawalnya.

Sebelumnya, Ganjar sempat diajak makan siang oleh Wali Kota Pekalongan. Namun Ganjar menolak halus, dan mengatakan sudah membawa bekal dari rumah.

"Saya tadi mau berangkat juga bingung, nanti makan siang di mana. Kan PPKM Darurat ndak boleh makan di warung. Ternyata istri saya bawain bekal dari rumah. Nanti gampang, saya makan di jalan," kata Ganjar kepada Wali Kota Pekalongan.

Baca juga : Didukung Kadin NTT, Arsjad Rasjid Siap Berinvestasi Di Labuan Bajo

Aksi Ganjar makan siang di parkiran pos PJR Gerbang Tol Pemalang itu membuat beberapa petugas heran bin takjub. Mereka tak menyangka, Gubernurnya mau makan sederhana di parkiran.

"Saya tadi nggak tahu kalau itu Pak Ganjar. Luar biasa, saya nggak nyangka orang nomor satu di Jawa Tengah bisa sederhana seperti itu," kata Asep (40), sopir mobil derek di Kantor PJR yang disinggahi Ganjar.

Asep pun memuji Ganjar. Di saat PPKM Mikro Darurat diberlakukan dan warung dilarang melayani pembeli makan di tempat, Ganjar memberikan contoh. Dengan membawa bekal dari rumah. "Begini harusnya pemimpin memberikan contoh kepada masyarakat. Beliau memberi contoh yang baik," pujinya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.