Dark/Light Mode

Dilarang Masuk Ke Hong Kong

Industri Penerbangan RI Makin Kembang Kempis

Sabtu, 26 Juni 2021 05:15 WIB
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bisnis penerbangan di Tanah Air makin kembang kempis setelah maskapai asal Indonesia dilarang masuk ke Hong Kong. Sebab, destinasi tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan potensial.

Pengamat Transportasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Sony Sulaksono Wibowo menilai, larangan kedatangan maskapai asal Indonesia oleh otoritas Hong Kong ini akan semakin berdampak pada in­dustri penerbangan Tanah Air. Sebab, selama ini Hong Kong menjadi salah satu destinasi penerbangan unggulan Garuda Indonesia dan maskapai lain­nya. Bahkan, selama pandemi ini, Hong Kong tetap membuka penerbangannya.

Berita Terkait : KPK Tidak Puas Mantan Direktur Garuda Divonis 8 Tahun Penjara

“Blokir ini akan menambah masalah baru buat mereka dari segi pendapatan,” ujar Sony, di Jakarta, kemarin.

Sonny menuturkan, larangan ini bisa menjadi introspeksi bagi Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 yang belakangan situasinya semakin parah. “Ini semestinya jadi introspeksi juga buat negara kita,” ucapnya.

Berita Terkait : Untuk Pulihkan Ekonomi Di Era Pandemi, Pemulihan Kesehatan Kudu Diprioritaskan

Untuk diketahui, Pemerintah Hong Kong menilai Indonesia sebagai negara dengan berkategori A1 (Extremely High Risk) terkait Covid-19. Oleh sebab itu, Pemerintah Hong Kong melarang semua maska­pai penerbangan dari Indonesia mulai Jumat (25/6).

Bukan hanya Indonesia, Hong Kong juga melarang maskapai dari beberapa negara lain masuk seperti Filipina, India, Nepal dan Pakistan.

Berita Terkait : Sandi: Pengembangan Desa Wisata, Program Adalan Saat Pandemi

Menanggapi hal itu, Dirjen Perhubungan Udara Kemente­rian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto mengatakan, larangan terbang dari Hong Kong bersifat universal saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena, sejak Garuda Indone­sia dilarang terbang, otomatis larangan ini juga berlaku untuk seluruh maskapai yang terbang ke Hong Kong dari Indonesia.
 Selanjutnya