Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukungan Dan Relawan Bermunculan

Ganjar Makin Di Atas Angin

Minggu, 20 Juni 2021 07:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kaus putih) memberi arahan ke tenaga kesehatan di sela kunjungan ke RSDC Kabupaten Kendal, Sabtu (19/6/2021). (Foto: Twitter @humasjateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kaus putih) memberi arahan ke tenaga kesehatan di sela kunjungan ke RSDC Kabupaten Kendal, Sabtu (19/6/2021). (Foto: Twitter @humasjateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Ganjar Pranowo nyapres lewat PDIP memang tipis. Karena orang-orang PDIP lebih sreg mendorong Puan Maharani. Tapi, di luar PDIP, Gubernur Jawa Tengah itu berada di atas angin. Ini bisa dilihat dari dukungan dan relawan yang terus bermunculan untuk Ganjar maju di Pilpres 2024.

Tercatat, sudah dari 5 relawan yang sengaja dibentuk untuk memenangkan Ganjar sebagai capres. Mayoritas adalah relawan pendukung Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019.

Terbaru relawan yang tergabung dalam Seknas Jokowi Jawa Tengah. Keputusan memberikan dukungan pada Ganjar diambil setelah relawan tersebut menggelar Pra Munaslub yang diikuti 25 DPD Seknas Jokowi kabupaten/kota se-Jateng, Rabu (16/6).

Baca juga : Puan Ajak Semua Elemen Bangsa Gotong Royong Atasi Pandemi

Kenapa dukung Ganjar? Alasan para relawan ini simpel. Mereka menganggap, kepemimpinan Ganjar selama 2 periode di Jawa Tengah mirip dengan Jokowi. Menurutnya, Ganjar dan Jokowi tokoh nasionalis yang menjaga Pancasila dan kebhinekaan.

“Dari semua calon yang muncul saat ini, Mas Ganjar yang paling berani menentukan sikap untuk terus menguatkan Pancasila dan memperkokoh NKRI, terutama dari ancaman radikalisme dan ketidakadilan,” ungkap Ketua Seknas Jokowi Jateng Bambang Mugiarto.

Sebelum Seknas Jokowi Jateng, sudah ada beberapa relawan yang telah deklarasi duluan mendukung Ganjar. Pertama, Relawan Ganjar Pranowo (RGP) 2024. Relawan ini mengklaim, secara struktur kepengurusan di tingkat nasional sudah terbentuk.

Baca juga : Turunkan Alat Berat, TNI Buka Akses Jalan 1.850 Meter Di Desa Binusan

Dukungan kedua datang dari relawan yang menamakan diri Ganjarist: Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu. Selanjutnya, ada kelompok yang menamakan diri sebagai Garda Relawan Indonesia Semesta atau GARIS. Relawan Jokowi Mania (JoMan) yang dipimpin Immanuel Ebenezer juga sudah terang-terangan mendukung gubernur Jateng 2 periode itu. Terakhir, relawan yang juga membawa Ganjar menduduki kursi gubernur Jateng, yakni Dulur Ganjar Pranowo (DGP).

Selain relawan, sejumlah parpol di luar PDIP juga mulai melirik kepala daerah berambut putih itu untuk diusung di Pilpres 2024. Bahkan PKS dan Demokrat, parpol yang berada di luar pemerintahan ikut memberikan sinyal untuk memberikan dukungan pada Ganjar.

Selain di dunia nyata, dukungan terhadap Ganjar juga rame bertebaran di media sosial. Mayoritas yang mendukung Ganjar adalah pegiat medsos yang selama ini menjadi pendukung Jokowi ‘garis keras’. Mulai dari Denny Siregar, Eko Kuntadi hingga Ade Armando. Termasuk para follower dari seleb medsos tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.