Dark/Light Mode

20 Buruh Dari China Masuk Makassar Saat PPKM Darurat

Netizen Mention Luhut

Senin, 5 Juli 2021 07:45 WIB
Komandan PPKM Darurat yang Juga Menko Kemaritimandan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram)
Komandan PPKM Darurat yang Juga Menko Kemaritimandan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Sebagian komentarnya langsung buruk sangka. Mereka langsung percaya bahwa TKA itu baru datang dari China. Mereka pun langsung menyalahkan Luhut.

“Luhut mah gembongnya TKA asal China,” tuding @lolok79990669. “Luhut si penyayang TKA China,” sambar @UtangJpu. “TKA China datang untuk ngejar pertumbuhan ekonomi... Kan PPKM nya hanya Jawa-Bali... Kalau berani, langsung protes sama Presiden atau pelaksana Pak Luhut...,” sindir @Suhartogmailco1.

Ekonom Senior Faisal Basri ikut panas. “Sudah keterlaluan. Ini modus baru. Selama Mei 2021, yang masuk lewat bandara Sam Ratulangi sebanyak 1.015 orang,” cuitnya di akun @Faisal Basri.

Baca juga : 20 TKA China Masuk Sulsel, Imigrasi: Kerja Di Proyek Strategis Nasional

Benarkah para TKA itu baru datang dari China? Kepala Divisi Imigrasi Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) Dodi Karnida menerangkan, TKA itu tidak datang langsung dari China. Tapi, mereka sudah lama tiba di Jakarta dan sudah menjalani isolasi selama 14 hari.

Dia menegaskan, tidak mungkin TKA itu langsung datang dari China. Sebab, di Bandara Hasanuddin tidak membuka penerbangan internasional. “Kedatangan ke Sultan Hasanuddin yang tidak bersifat internasional itu tidak ada masalah,” katanya, kepada wartawan, kemarin.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel Darmawan Bin tang menyebut, kedatangan para TKA China ini untuk bekerja di smelter PT Huadi Nickel Alloy Indonesia di Kabupaten Bantaeng, Sulsel. “Informasi itu benar dan TKA bersangkutan bekerja di PT Huadi di Kabupaten Bantaeng,” katanya, kemarin.

Baca juga : Begini Program Latihan Skuad Maung Bandung Selama PPKM Darurat

Petugas Disnakertrans telah dikerahkan untuk melakukan pendataan. “Staf Pengawasan Disnakertrans Sulsel masih mencari informasi terkait pemanfaatan TKA tersebut serta hal-hal lain berkaitan dengan izinizin mereka,” ujarnya.

Lalu, bagaimana tanggapan pihak Luhut? Tidak banyak respons yang disampaikan. Pihak Kemenko Kemaritiman dan Investasi hanya menjelaskan ke netizen lewat akun Twitter @kemenkomarvest, tautan dari penjelasan Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemkumham Arya Pradhana.

Sebelumnya, Arya membantah video viral itu. Dia menyebut, itu merupakan video lama. “Video tersebut merupakan video lama yaitu pada Juni 2020 dan bukan video kondisi saat ini,” ucapnya, melalui keterangan kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Ketua DPD RI Minta Masyarakat Patuhi Aturan PPKM Darurat

Menurutnya, WNA tersebut merupakan orang asing yang akan meninggalkan Indonesia dengan rute Manado -Jakarta-Nanning (Tiongkok). “Saat ini pemerintah masih memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke wilayah Indonesia untuk mencegah lonjakan persebaran Covid19,” tekan dia. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.