Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mall Tutup Saat PPKM Darurat

Lain Gibran, Lain Semarang

Sabtu, 3 Juli 2021 07:40 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memilih tetap membuka mall saat PPKM Darurat. (Foto: Pemkot Solo)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memilih tetap membuka mall saat PPKM Darurat. (Foto: Pemkot Solo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tampil beda dalam menerapkan peraturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayahnya. Dia memilih tetap membuka mall di saat kepala daerah tetangganya menutupnya.

Pemerintah mulai hari ini sampai 20 Juli 2021 menerapkan PPKM Darurat di Jawa dan Bali untuk menekan penularan Corona. Salah satunya Kota Solo. Solo masuk dalam daerah dengan assemen pandemi level 4 atau tertinggi.

Indikatornya bisa dilihat dari laju penularan transmisi komunitas per 100.000 penduduk per pekan lebih dari 150. Kemudian lebih dari 30 pasien dirawat di rumah sakit dengan kematian lebih dari lima. Dengan demikian, Solo harus mengikuti PPKM Darurat.

Baca juga : Tito: Tak Perlu Panik

Daerah yang terkena PPKM Darurat wajib melakukan Work From Home (WFH), tempat ibadah ditutup sementara, restoran hanya boleh di bawa pulang. Mall atau pusat perbelanjaan juga harus ditutup.

Gibran mengatakan, Kota Solo siap menjalankan PPKM Darurat. Namun, Gibran tetap membolehkan mall-mall di Kota Solo tetap buka dengan pembatasan-pembatasan.

“Mall tidak sepenuhnya tutup. Tetap buka, tapi ada aturannya,” ujarnya.

Baca juga : 7 Daerah Di Banten Terapkan PPKM Darurat, Ini Aturannya

Kenapa mall boleh buka? Gibran mengatakan, banyak sektor esensial yang berada di dalam mal. “Jangan mengacu mall ditutup. Ndak ndak ndak. Di dalam mall itu kan ada sektor-sektor esensial. Supermarket, toko obat, itu enggak boleh tutup,” ujarnya.

Kendati demikian, untuk rumah makan maupun restoran harus dibungkus. Pembeli dilarang makan di tempat selama penerapan PPKM Darurat.

Pendiri Markobar ini mengimbau warga Solo tetap tenang dan tidak panik dengan diberlakukannya PPKM Darurat. Menurutnya, hal ini untuk kebaikan Solo dan kesehatan warga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.