Dark/Light Mode

Tingkatkan Literasi Melalui Platform Digital

Senin, 5 Juli 2021 11:47 WIB
Plt Kepala Biro Komunikasi dan Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hendarman (Foto: Istimewa)
Plt Kepala Biro Komunikasi dan Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hendarman (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya untuk meningkatkan literasi terus didengungkan banyak kalangan. Banyak cara dilakukan. Salah satunya, platform digital.

Jumat (2/7), dilakukan pembahasan dan sosialisasi literasi digital secara daring. Acara dihadiri Plt Kepala Biro Komunikasi dan Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hendarman, Direktur SEAMEO Qitep In Language (SEAQIL) Luh Anik Mayani, Penggagas Proyek Perubahan Misbah Fikrianto, Kepala SMPN 208 Jakarta Yuni Supangat, SH, Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan, Mahasiswa Pendamping Klub Literasi Sekolah, Guru, dan Siswa se-Indonesia, serta Staf SEAMEO Qitep In Language.

Pada pembukaan, Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani menyambuat baik sosialisasi platform www.gemarbatu.id yang diprakarsai Misbah Fikrianto. Secara berkelanjutan, SEAQIL berkomitmen untuk meningkatkan literasi di Indonesia. "Kegiatan ini memberikan penguatan dan masukan terhadap peningkatan literasi membaca dan menulis di Indonesia," ucapnya.

Plt Karo BKHM Kemendikbudristek, Hendarman menyatakan dukungan dan apresiasi terhadap adanya platform ini. Kata dia, platform ini merupakan terobosan inovatif yang dilakukan untuk mendorong aktivitas membaca dan menulis.

"Besar harapan kami, platform ini mendorong keterlibatan Bapak/Ibu, mahasiswa, dan komponen masyarakat dalam peningkatan aktivitas literasi. Beberapa waktu yang lalu, kami juga mendorong kegiatan Klub Literasi Sekolah. Pesannya bagaimana koneksi kebatinan dengan alumni Klub Literasi Sekolah terus terjalin dengan baik. Semoga dengan kegiatan ini, Klub Literasi Sekolah terus terbina dan dijalin komunikasinya," ucapnya.

Misbah menjelaskan, tujuan dibuatnya platform ini merupakan inisiasi untuk memberikan wadah bagi stakeholder pendidikan untuk melakukan aktivitas membaca dan menulis. "Komponen masyarakat dapat membaca dan menulis sesuai dengan kondisi yang benar," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.