Dark/Light Mode

Penyekatan Di Jakarta Ditambah Jadi 72 Titik

Senin, 5 Juli 2021 23:16 WIB
Penyekatan di Kalimalang, Jakarta Timur. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Penyekatan di Kalimalang, Jakarta Timur. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya memperluas titik penyekatan di Jakarta dan sekitarnya selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021. Korps baju cokelat Ibu Kota menambah 9 titik penyekatan, dari semula 63 titik, menjadi 72 titik.

"Penyekatan dilakukan di 72 titik penyekatan di Polda Metro Jaya, yaitu 5 di GT, 9 di exit tol, 19 titik di batas kota dan 39 titik di jalur utama," ujar Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo dalam rapat virtual PPKM darurat Jawa-Bali, Senin (5/7).

Dari jumlah tersebut, kata Hendro, 37 titik merupakan pembatasan mobilitas dan penyekatan masyarakat yang akan masuk ke Jakarta. "Baik di Tangerang Kota, Depok, dan Bekasi," bebernya.

Berita Terkait : Anies Menahan Tangis

Kemudian, sebanyak 35 titik merupakan pembatasan mobilitas dan pengendalian mobilitas yang ada di dalam kota Jakarta, maupun di Kota Tangerang, Depok, dan Bekasi.

Di setiap titik tersebut telah diterjunkan personel gabungan dari Polri, TNI, serta pemda. Dengan jumlah personel bervariasi di tiap titiknya, antara 30 hingga 50 orang.

Total, ada 1.898 personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan jalur penyekatan tersebut.

Berita Terkait : Kejar Target Vaksinasi 7,5 Juta Warga DKI, Polda Metro Gandeng Gojek

Hendro mengungkapkan, hasil evaluasi terhadap pelaksanaan penyekatan PPKM Darurat hari ini, ada penumpukan kendaraan di sejumlah titik penyekatan.

Untuk mengatasinya, diskresi berupa buka-tutup jalan akan dilakukan di ruas jalan yang dipadati warga.

"Manakala terjadi penumpukan lalu lintas, maka kami melakukan diskresi, dibuka sehingga tidak terjadi penumpukan yang menimbulkan permasalahan baru," jelas Hendro.

Berita Terkait : Restoran-Kafe Bandel Bakal Dikenakan Sanksi Berlipat

Hendro memastikan, personel korps baju cokelat tetap mengedepankan upaya preventif dan edukasi dalam upaya penyekatan ini. Tindakan tegas, menjadi upaya terakhir yang akan diambil pihak kepolisian. [OKT]