Dark/Light Mode

Sisihkan Duit Jajan, Siswa SMAN 6 Jakarta Tebar Sembako Ke Panti

Jumat, 25 Juni 2021 13:47 WIB
Ketua OSIS SMAN 6 Jakarta Arya Bahri Saman menyerahkan bantuan sembako kepada Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Tebet Vivi Kafilatul Jannah, di Jakarta, Jumat (25/6). (Foto: Ist)
Ketua OSIS SMAN 6 Jakarta Arya Bahri Saman menyerahkan bantuan sembako kepada Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Tebet Vivi Kafilatul Jannah, di Jakarta, Jumat (25/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi sosial digelar siswa SMA Negeri 6 Jakarta di dua panti milik Pemprov DKI Jakarta. Dengan menyisihkan sebagian uang jajan, mereka memberikan bantuan sosial kepada warga penghuni dua panti tersebut.

Kedua panti yang disasar bakti sosial berupa pembagian sembako ini yaitu Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Tebet sebanyak 174 paket sembako dan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 sebanyak 42 paket sembako.

Disaksikan perwakilan guru SMA Negeri 6 Jakarta Siti Nurhayati, secara simbolis bantuan sembako ini langsung diterima Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Tebet Vivi Kafilatul Jannah.

Dalam sambutannya, Vivi berterima kasih dan bangga melihat kepeduliaan siswa SMA Negeri 6 Jakarta. "Saya sangat terharu di tengah kesulitan yang mungkin sama-sama kita rasakan akibat pandemi, siswa SMA Negeri 6 Jakarta masih punya kepedulian dengan sesama melalui bakti sosial ini," ujar Vivi.

Baca juga : Sprite Serahkan Bantuan Kacamata Bahan Daur Ulang Ke Banten Dan Bali

Hal yang sama juga dilontarkan Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Heri Suhartono usai menerima bantuan paket sembako ini. Menurutnya, nilai kepedulian yang ditunjukkan siswa SMA Negeri 6 Jakarta patut dicontoh.

"Apalagi dari informasi yang kami dengar, bantuan ini hasil menyisihkan uang jajan mereka. Dan saya sangat mengapresiasi di tengah kesulitan akibat pandemi para siswa masih memikirkan sesama," tandas Heri.   

Ketua OSIS SMA Negeri 6 Jakarta Arya Bahri Saman mengatakan, kegiatan bertema SMA N 6 Jakarta Berbagi ini didasari dari rasa ingin membantu para siswa terhadap warga yang tengah kesuliltan. Tidak hanya itu, ini sekaligus bagian dari peringatan HUT DKI Jakarta ke 494 yang jatuh pada Selasa (22/6) lalu.

"Dari rasa itu maka kami berinisiatif mengumpulkan donasi dengan melibatkan orangtua, alumni, dan tentu saja dari kami sendiri dengan menyisihkan uang jajan. Kami juga ingin berpartisipasi memulihkan Jakarta yang terpuruk akibat pandemi sesuai dengan tema HUT Jakarta tahun ini yaitu Jakarta Bangkit," ungkap Arya. 

Baca juga : PLN Operasikan GIS Antasari Dan SKTT 150 KV, Listrik Jakarta Semakin Andal

Selain dari para donatur, dana bantuan juga diperoleh dari hasil menjual paketan sembako kepada alumni, orang tua dan guru.

Sementara itu, Ketua Perwakilan orangtua murid SMA Negeri 6 Jakarta Daniel MH Siagian yang turut hadir dalam penyerahan bantuan ini mengungkapkan rasa bangganya kepada aksi sosial yang dilakukan para siswa.

"Sebagai orang tua kami sangat mendukung kegiatan ini karena menumbuhkan semangat berbagi. Bakti sosial ini sekaligus membuktikan bahwa siswa pun dapat berperan dalam pemulihan akibat pandemi. Sesuai dengan tema HUT Jakarta tahun ini yaitu Jakarta Bangkit," tegasnya. 

Arya menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah panitia yang hadir dalam pemberian bantuan ini. "Kami hanya mendelegasikan di setiap panti sebanyak 5 orang dalam pemberian bantuan ini guna menghindari kerumunan," tandasnya.     

Baca juga : Seleksi Tahap Kedua, Bima Sakti: Tim Makin Solid

Penggalangan dana ini dimulai dari 27 Mei 2021-11 Juni 2021. Bakti sosial ini bukanlah hal yang pertama digelar OSIS SMA Negeri 6 Jakarta di bawah kepemimpinannya. Sebelumnya pernah membantu korban bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat.

Dengan menggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT), OSIS SMA Negeri 6 Jakarta mengkoordinir penggalangan dana yang berhasil dikumpulkan sebanyak Rp.37.275.000. Dana bantuan tersebut diperoleh dari alumni, orang tua dan guru serta siswa yang uang jajannya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.