Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Kerumunan, 14 Titik Lampu Jalan Di Batang Dipadamkan

Rabu, 14 Juli 2021 22:34 WIB
Sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Batang dipadamkan selama PPKM Darurat.
Sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Batang dipadamkan selama PPKM Darurat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Batang,  mengalami pemadaman lampu penerangan jalan umum (PJU) selama pelaksanaan PPKM Darurat. 

Pemadaman PJU untuk mengurangi mobilitas masyarakat guna menekan penyebaran Covid-19.

Bupati Batang, Wihaji, menjelaskan, pemadaman dilakukan sejak 13 Juli 2021, mulai pukul 20.00 hingga 06.00 WIB. 

Baca juga : Heboh Bear Brand, IDI Proaktif Sampaikan Edukasi

Terdapat 14 titik lokasi PJU yang dipadamkan, di antaranya Alun-alun Batang, Alun-alun Limpung, Alun-alun Bawang, Area Pasar Bandar. 

Lalu, Jalan Yos Sudarso sampai dengan Pejangkaran, Jalan RE Martadinata sampai dengan Pejangkaran, Jalan Ahmad Yani sampai dengan Jalan Pemuda. 

Selain itu, median Jalan Jenderal Sudirman, perempatan kalisari sampai dengan batas kota gerbang Sambong, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Dr Wahidin, Jalan Dr Sutomo, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Gajahmada, dan Jalan Dr Cipto.

Baca juga : Cegah Kerumunan, Ganjar Dorong Tempat Vaksinasi Diperbanyak

“Hal ini kami lakukan sebagai salah satu ikhtiar untuk mengurangi pergerakan masyarakat. Lampu yang dipadamkan hanya penerangan jalan umum bukan rumah warga ya. Jadi, gunakan waktu untuk di rumah saja,” ujar Wihaji sebagaiman Jatengprov.go.id, Rabu (14/7).

Wihaji mengimbau, kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan ketat serta mengaktifkan program jogo tonggo.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Batang, Murdiono menambahkan, pemadaman dilakukan hingga PPKM Darurat usai yakni 20 Juli mendatang. Titik pemadaman PJU merupakan lokasi yang kerap menimbulkan kerumunan.

Baca juga : PPKM Darurat, Ini Ruas Jalan Di Bogor Yang Ditutup

“Untuk sementara akan dilakukan sampai 20 Juli, selanjutnya menunggu instruksi lebih lanjut. Hal ini guna mengurangi kerumunan, atau kumpul yang tidak perlu,” tegasnya

Sementara itu, Kapolres Batang, AKBP Edwin Louis Sengka menambahkan, pihaknya menyiagakan petugas patroli untuk memastikan keamanan saat pemadaman PJU. Beberapa wilayah yang menjadi sasaran utama patroli adalah pusat Kota Batang, Kecamatan Bandar, Limpung, dan Bawang. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.