Dark/Light Mode

Berduka Atas Meninggalnya Judiarto, Bamsoet: Dunia Otomotif Kehilangan

Kamis, 15 Juli 2021 12:52 WIB
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (tengah) bersama beberapa pengurus IMI. (Foto: Istimewa)
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (tengah) bersama beberapa pengurus IMI. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo turut berduka cita atas wafatnya Wakil Ketua Umum IMI Bidang Internasional dan Event, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro, Selasa (13/7). Menurut Bamsoet, sapaan akrab Bambang, Judiarto telah mengabdikan hidupnya untuk kemajuan olahraga balap Tanah Air. Kepergiannya tidak hanya dirasakan keluarga, melainkan juga seluruh kalangan pecinta otomotif Indonesia.

"Pernah aktif sebagai crosser, Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro kemudian menangani sejumlah event seperti motocross, powercross dan kejurnas speed offroad. Berkat dirinya, pada 2017 Indonesia bisa menjadi tuan rumah kejuaraan motocross dunia, MXGP. Bahkan, sejak 2018, dalam setahun Indonesia dipercaya menyelenggarakan MXGP sebanyak dua kali. Pada 2021 ini MXGP rencananya akan digelar kawasan Borobudur pada 28 November 2021 dan di Bali pada 5 Desember 2021," ujar Bamsoet, mengenang sosok Alfonsus, di Jakarta, Kamis (15/7).

Baca juga : Menperin Kantongi Investasi 4 Raksasa Otomotif Jepang

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, karena kegigihannya memajukan olahraga otomotif di Indonesia, Judiarto yang juga pernah menjabat sebagai Ketua IMI DKI Jakarta selama dua periode. Judiarto dikenal dengan panggilan Mr Bond. Selain MXGP, Judiarto juga sukses menyelenggarakan berbagai event bergengsi.

"Seperti Indoprix National Championship, yang tidak hanya digelar di Pulau Jawa, melainkan juga digelar di sirkuit luar Jawa. Seperti Sirkuit Balipat Binuang di Kalimantan Selatan, hingga kejuaraan Powertrack Championship yang fenomenal karena menghelat 2 cabang olahraga IMI sekaligus yakni motocross dan grasstrack," jelas Bamsoet.

Baca juga : Menperin Kantongi Investasi 4 Raksasa Otomotif Jepang

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menerangkan, saat menjabat Ketua IMI DKI Jakarta pada 2016, Alfonsus berhasil mengantarkan pembalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto, berlaga di FIM CEV Moto2. Sebagai CEO PT Premium Motorindo yang mengurusi distribusi motor KTM dan Husqvarna di Indonesia, Judiarto tidak hanya sekadar berjualan dan mencari profit. Melainkan juga tidak lupa untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan keamanan berlalu lintas.

"Di bawah kepemimpinan Alfonsus Judiarto Tjitrasmoro, PT Premium Motorindo Abadi menggandeng instruktur safety riding profesional, Joel Mastana, membuat KTM Riding Academy. Sebagai wadah mengedukasi masyarakat tentang berbagai hal seluk beluk mengendarai roda dua, agar selalu aman dan nyaman," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.