Dark/Light Mode

Terima Pengurus Land Cruiser Owners Indonesia

Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Bantu Pulihkan Ekonomi

Senin, 14 Juni 2021 21:03 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) menerima pengurus Land Cruiser Owners Indonesia, di Jakarta, Senin (14/6). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) menerima pengurus Land Cruiser Owners Indonesia, di Jakarta, Senin (14/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung rencana touring Jakarta-Bali yang akan dilakukan Land Cruiser Owners Indonesia pada Juli 2021. Kegiatan tersebut bisa menjadi pendorong bagi pemulihan ekonomi masyarakat Bali, maupun berbagai destinasi wilayah yang dilalui dari Jakarta hingga Bali.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menerangkan, akibat pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Bali paling rendah di antara 34 provinsi lainnya. Di tahun 2020 misalnya, Bali tercatat minus 9,31 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi nasional minus 2,07 persen. 

Berita Terkait : Jadi Dewan Pembina, Bamsoet Ajak Club Harley Sosialisasikan 4 Pilar MPR

“Pada triwulan awal 2021, juga tidak mengalami pergeseran berarti, minus 9,85 persen. Untuk memulihkannya, butuh kehadiran lebih banyak masyarakat yang berwisata dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," ujarnya, usai menerima pengurus Land Cruiser Owners Indonesia, di Jakarta, Senin (14/6). Pengurus Land Cruiser Owners Indonesia yang hadir antara lain William Suwandi, William Kamajaya, Aryogi, Sugianto, Kevin, Firmanala, Bonie Guido, dan Ade Tjahyadi.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali pada 2019, perekonomian masyarakat Pulau Dewata itu sebanyak 48,3 persennya ditunjang sektor pariwisata. Tidak heran jika karena pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Bali terjun drastis.

Berita Terkait : Bamsoet Dorong Pengembangan UMKM di Tengah Pandemi

"Ketiadaan turis mancanegara menjadikan Bali sangat bergantung kepada turis domestik. Kita tidak sedang memilih apakah memprioritaskan ekonomi atau kesehatan. Keduanya bisa dijalankan secara bersamaan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, hingga akhir Mei 2021, Bali sudah mendapatkan sekitar 2,7 juta dosis vaksin Covid-19. Hingga awal Juni, tercatat lebih dari 1,3 juta warga Bali sudah mendapatkan suntikan vaksin tahap I. Sedangkan 636.639 warga sudah mendapatkan suntikan vaksin tahap II.

Berita Terkait : Bamsoet Ajak Komedian Sebarkan Nilai-nilai Kebangsaan

"Hingga akhir Juni, ditargetkan sudah bisa menyelesaikan vaksinasi terhadap 3 juta dari total populasi Bali yang mencapai sekitar 4,3 juta jiwa. Perlahan namun pasti, Bali sudah bersiap kembali memulihkan sektor ekonominya. Sebagai saudara sebangsa, kita wajib men-support-nya," pungkas Bamsoet. [USU]