Dark/Light Mode

Jerman Vs Prancis

Juara Dunia Bukan Patokan

Selasa, 15 Juni 2021 06:00 WIB
Gelandang Timnas Jerman, Toni Kroos. (Foto: Getty Images/Lars Baron)
Gelandang Timnas Jerman, Toni Kroos. (Foto: Getty Images/Lars Baron)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jerman akan menjamu Prancis pada matchday pertama Grup F Euro 2020, dini hari nanti di Muenchen. Prancis datang dengan membawa modal hasil kemenangan impresif pada laga terakhirnya pekan lalu.

Saat itu, Prancis berhasil mengalahkan Bulgaria dengan skor akhir 3-0. Jika dilihat pada lima laga terakhir, Prancis mendapatkan empat kali hasil kemenangan, dan satu kali hasil imbang.

Pelatih Prancis Didier Deschamps akan menggunakan formasi 4-4-2. Timnas Jerman juga sudah mempersiapkan mental dan pemain terbaiknya yang menang dengan skor telak 7-1 ketika menghadapi Latvia pekan lalu.

Jika dilihat pada lima pertandingan terakhirnya, Jerman mendapatkan tiga kali hasil kemenangan, satu kali imbang, dan satu kali kekalahan.

Baca juga : Warga Israel Rame-rame Rayakan Lengsernya Netanyahu

Di laga melawan Prancis nanti diprediksi, pelatih Jerman Joachim Loew menggunakan formasi 3-1-4-2. Data statistik menunjukkan dari pertemuan terakhir kedua tim, dari lima pertemuan terakhirnya, Prancis memenangkan tiga kali pertemuan kontra Jerman.

Sementara Jerman belum mampu mendapatkan kemenangan atas Prancis, hanya mendapatkan dua kali hasil imbang untuk kedua tim. Terakhir kali kedua tim bertemu pada 17 Oktober 2018 lalu, Prancis berhasil menang dengan skor 2-1 atas Jerman.

Gelandang Timnas Jerman, Toni Kroos, juga mengunggulkan Timnas Prancis. Namun bukan sekadar memenangkan duel pembuka Grup F, melainkan juga memenangkan Euro 2020. Kroos menyebut, Timnas Prancis yang menyandang status juara Piala Dunia 2018, memilki skuad berisikan pemain hebat yang terus berkembang dan memiliki pengalaman.

“Saya ingat betul pertandingan terakhir kami melawan mereka di Euro 2016,” ujar Kroos seperti dilansir dfb.de.

Baca juga : Juara Prancis Terbuka, Djoker Mau Mepet Fedex-Nadal

Menurut Kroos, Timnas Jerman mungkin saja mengimbangi kekuatan Timnas Prancis, karena Der Panzer -sebutan untuk Timnas Jerman- memiliki skuad yang sama bagusnya dengan tim yang dibesut Didier Deschamps tersebut.

“Tapi, kami tidak punya alasan menyembunyikan diri. Kami memiliki skuad yang sangat bertalenta, sama seperti Prancis,” ujarnya.

Saat ini, Timnas Jerman juga tengah berusaha menambah rekor gelar Piala Eropa keempat di bawah asuhan Joachim Loew, setelah 15 tahun menjabat pelatih kepala. Sayangnya, kepercayaan terhadap Timnas Jerman tetap rendah.

Semangat dan kepercayaan suporter Jerman semakin merosot musim ini, setelah kalah memalukan dari Spanyol 0-6 dan tim kecil Makedonia Utara 1-2.

Baca juga : Kementan Bersyukur Aturan Stabilisasi Perunggasan Berjalan Positif

Tidak seperti biasanya, pertahanan Jerman yang kerap menjadi kekuatan utama mereka goyah setelah kebobolan 20 gol dalam 13 pertandingan internasional terakhirnya. [JON/NET]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.