Dark/Light Mode

Kondisi Darurat

JK: Shalat Idul Adha Di Rumah Saja, Insya Allah Ibadah Kita Diterima Allah SWT

Senin, 19 Juli 2021 21:04 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situasi Covid-19 yang telah berlangsung sejak Maret 2020, kembali membawa kita pada perayaan Idul Adha dalam kondisi darurat.

Tak ada shalat Ied berjamaah di masjid atau di lapangan, seperti yang biasa dilakukan pada masa sebelum pandemi Covid-19.

Dalam situasi ini, umat Islam diminta menjalankan shalat Ied dari rumah masing-masing, demi memutus penyebaran Covid-19.

Baca juga : Kang Emil: Mari Taat Ulama Dan Pemimpin, Shalat Idul Adha Di Rumah Aja

Anjuran melaksanakan shalat Ied dari rumah, juga disampaikan oleh mantan Wakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla melalui pesan video yang diterima RM.id.

"Sekarang ini, karena keadaan darurat, kita shalat Ied di rumah masing-masing. Insya Allah, amal ibadah kita diterima Allah SWT," ujar JK, Senin (19/7).

Soal dana kurban yang bisa dialihkan dalam bentuk lain, JK tidak mempermasalahkan.

Baca juga : Covid-19 Ngamuk Lagi, Mahfud: Shalat Idul Adha Di Rumah Aja

"Hari Raya Kurban ini, tentu hari raya kita berkorban dengan memotong sapi, kambing, dan sebagainya. Selain itu, juga ada pandangan bahwa kurban juga dapat disumbangkan dengan bentuk yang lain. Ini merupakan suatu ketentuan bagi kita semua," kata JK.

Pada kesempatan yang sama, JK juga mendoakan seluruh masyarakat yang masih berjuang melawan Covid-19, agar segera diberi kesembuhan.

"Sekali lagi, saya ingin menyampaikan ucapan syukur alhamdulillah bagi kita semua, dan juga doa bagi teman-teman kita yang masih dalam perawatan. Insya Allah, semua itu akan diberikan rahmat dan hidayah Allah SWT," tutur JK. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.