Dewan Pers

Dark/Light Mode

Koordinasi Pemerintah Pusat Dan Pemda Kudu Diperkuat

Masyarakat Senang Kalau Testing Tinggi, Kasus Positif Covid Turun

Jumat, 23 Juli 2021 05:05 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa)
Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada sejumlah alasan kenapa kasus konfirmasi positif Covid-19 turun. Antara lain, karena terjadi penurunan testing pada akhir pekan.

Demikian diungkapkan Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Menurutnya, pemer­intah berkomitmen meningkatkan kapasitas dan upaya 3T (testing, tracing, treatment) secara menyeluruh.

“Caranya, dengan koordinasi pusat dan daerah,” kata Ketua Dewan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) ini.

Berita Terkait : Banyak Bumil Ragu Divaksin Covid-19 Masih Tunggu Rekomendasi Kemenkes

Wiku menjelaskan, koordinasi pusat dan daerah akan diperkuat agar perangkat pe­merintah di wilayah bisa mencapai target sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 15 Tahun 2021. Sebab, penerapan 3T pada kondisi genting saat ini sangat diperlukan.

“Kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) tidak akan ber­dampak besar pada penurunan kasus Covid-19 jika 3T tidak dimasifkan,” tandas dia.

Diberitakan, angka pemeriksaan spesi­men yang ideal menurut World Health Organization (WHO) adalah 1 per 1.000 penduduk per pekan. Indonesia dengan total penduduk lebih dari 260 juta jiwa, semestinya melakukan pemeriksaan terhadap 267.700 orang setiap hari.

Berita Terkait : Pengusaha Kucing-kucingan Dengan Satgas Covid Daerah

Namun, pada Senin (19/7) hanya 160.686 spesimen yang diuji. Selanjutnya, Selasa (20/7) naik sedikit sebanyak 179.275 spesi­men. Jumlah tersebut lebih rendah dibanding pekan lalu. Tercatat, Sabtu (17/7) sebanyak 251.392 spesimen dan Jumat (16/7) sebanyak 258.532 spesimen.

Netizen mendesak pemerintah memperbanyak jumlah tes kepada masyarakat. Semakin banyak yang dites, dan semakin sedikit angka positif dan kematian akibat Covid, pertanda pandemi makin terkendali.

Menurut @Bonita, masyarakat senang bila testing bertambah banyak, sementara jumlah kasus positif dan angkat kematian turun. Dengan demikian, tanda-tanda pandemi bakal teratasi.

Berita Terkait : Kapan Corona Tamat? Au, Ah...

“Jumlah tes makin meningkat, tapi penam­bahan kasus makin turun. Itu tanda terken­dali. yo, kawal terus,” ajak @aalhasdiqi.
 Selanjutnya