Dark/Light Mode

Tak Ada Sekat Agama, Banser Sleman Bantu Makamkan Jenazah Covid Non Muslim

Jumat, 23 Juli 2021 19:41 WIB
Ilustrasi pemakaman jenazah non muslim (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ilustrasi pemakaman jenazah non muslim (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Kabupaten Sleman Yogyakarta terjun menjadi relawan pemakaman jenazah, di tengah tinggginya lonjakan angka kematian akibat Covid-19.

Melalui Banser Tanggap Bencana (Bagana) Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Sleman, mereka berjibaku memakamkan korban Covid bersama pihak-pihak terkait.

Baca juga : Wagub Lukman Abunawas Layak Nyalon Pilgub Sultra

”Ini bukan lagi tugas. Ini panggilan hati nurani. Jika ada panggilan menguburkan jenazah Covid-19, kami laksanakan pemakaman segera. Kami juga melayani permintaan warga non muslim” kata Widodo, Koordinator Tim Banser yang tergabung dalam gerakan NU Sleman Peduli Covid-19, seperti dilansir laman NU, Kamis (22/7).

"Dalam kondisi seperti ini, masyarakat khususnya warga NU, tidak boleh diam. Semua harus ikut andil, bersama-sama menghadapi kondisi sulit yang sedang dihadapi bangsa dan dunia," sambungnya.

Baca juga : Bareng GERAK BS, Bamsoet Sebar Bantuan Paket Sembako Di Tanah Abang

Dalam menjalankan tugas, Banser Tanggap Bencana sudah dibekali Safety Officer (SO) dari satuan tugas (Satgas) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Briefing dan arahan-arahan juga dilakukan pada tim yang dibentuk pada 5 Juli 2021, khusus untuk menangani pemakaman Covid-19 di Sleman.

Baca juga : Bantu Masyarakat, AHM Salurkan Bantuan Sembako-Hewan Kurban

Hingga Selasa (20/7), ada 8 kecamatan yang menjadi titik fokus pemakaman meliputi Kecamatan Minggir, Seyegan, Tempel, Sleman, Mlati, Cangkringan, Ngemplak dan Terban Kota.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.