Dark/Light Mode

Tak Ada Sekat Agama, Banser Sleman Bantu Makamkan Jenazah Covid Non Muslim

Jumat, 23 Juli 2021 19:41 WIB
Ilustrasi pemakaman jenazah non muslim (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ilustrasi pemakaman jenazah non muslim (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam proses pemakaman juga dilakukan dengan konsisten. Antara lain, dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) dan melakukan koordinasi dengan keluarga ahli waris, pihak rumah sakit, dan pihak posko BPBD.

"Termasuk surat kematian, hasil swab positif dan foto KK/KTP, setelah semua sudah jelas kita lakukan pemakaman,” jelas Widodo.

Baca juga : Wagub Lukman Abunawas Layak Nyalon Pilgub Sultra

Sebelum dimakamkan, Tim Banser NU Peduli juga sudah melakukan dekontaminasi atau pembersihan zat pencemar berbahaya dari jenazah Covid-19.

Jika yang dimakamkan adalah seorang Muslim, maka ketentuan-ketentuan sesuai agama Islam langsung diterapkan saat pemakaman.

Baca juga : Bareng GERAK BS, Bamsoet Sebar Bantuan Paket Sembako Di Tanah Abang

Mulai dari menyolatkan jenazah melantunkan adzan dan iqamah untuk jenazah, dan menguburkan dengan protokol kesehatan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.