Dark/Light Mode

Target Herd Immunity Masih Jauh

1-2 Juta Vaksin Per Hari, Bisa!

Minggu, 25 Juli 2021 05:05 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi dalam dialog virtual “A-Z” PPKM. (Foto : Tangkapan layar YouTube Kemkominfo TV
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi dalam dialog virtual “A-Z” PPKM. (Foto : Tangkapan layar YouTube Kemkominfo TV

RM.id  Rakyat Merdeka - Target herd immunity atau kekebalan komunal Covid-19 masih sangat jauh. Dari 208,2 juta target sasaran, baru sekitar 8 persen yang sudah divaksin dosis lengkap.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, 8 persen yang sudah divaksin dosis lengkap tersebut sama den­gan atau sekitar 17 juta orang. Sedangkan masyarakat yang baru disuntik vaksin dosis pertama sebanyak 43.4 juta orang.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 harus dipercepat sesuai ketersediaan vaksin Covid-19,” pinta Nadia, dalam dialog virtual “A-Z” PPKM yang disiarkan YouTube Kominfo TV.

Berita Terkait : Netizen Rame-rame Setuju Tes Covid-19 Gratis

Nadia mengatakan, target vaksinasi Covid-19 saat ini telah bertambah menjadi 208,2 juta orang, dari sebelumnya 181,5 juta. Penambahan target tersebut menyusul penambahan rentang usia vaksinasi, yakni untuk anak remaja usia 12-17 tahun.

Menurutnya, saat ini Indonesia telah memi­liki lebih dari 130 juta dosis vaksin Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 75 juta dosis di antaranya telah siap disuntikkan kepada masyarakat target sasaran vaksin.

“Situasi ini yang harus kita kejar bersama sambil menurunkan penularan Covid-19,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes ini.

Berita Terkait : Pasien Isoman Jangan Minum Obat Sembarangan, Berbahaya

Presiden Jokowi, kata dia, juga telah mengingatkan semua pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19, agar mencapai target 2 juta vaksinasi dalam sehari. Jika tidak se­lesai, target herd immunity pada Desember 2021 tidak akan tercapai.

Akun @Gus_djon menilai, pencapaian 61 juta orang yang sudah disuntik vaksin Covid- 19 merupakan pencapain awal yang baik. Namun dia mengingatkan, selain pencapaian jumlah penerima vaksinasi, yang penting juga adalah penurunan kasus Covid-19.

“Teruskan untuk hari-hari ke depan. Seluruh rakyat harus mendapatkan vaksinasi Covid-19,” kata @Sumeru88.

Berita Terkait : Virus Corona Bikin Jurang Antara Si Kaya Dan Si Miskin Makin Lebar

Menurut @RyaWiedy, angka 17 juta orang yang mendapatkan vaksin lengkap atau dua dosis, masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah. Dia berharap, pemerintah bisa lebih cepat lagi melakukan suntik vaksin Covid-19 kepada masyarakat sasaran. “Semoga lebih lancar,” ujarnya.

Akun @HumasKss mengajak netizen segera suntik vaksin Covid-19. Dia bilang, vaksinasi dapat menguatkan respons imun serta kekebalan tubuh. Terutama para lansia yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.
 Selanjutnya