Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Target Herd Immunity Masih Jauh

1-2 Juta Vaksin Per Hari, Bisa!

Minggu, 25 Juli 2021 05:05 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi dalam dialog virtual “A-Z” PPKM. (Foto : Tangkapan layar YouTube Kemkominfo TV
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi dalam dialog virtual “A-Z” PPKM. (Foto : Tangkapan layar YouTube Kemkominfo TV

RM.id  Rakyat Merdeka - Target herd immunity atau kekebalan komunal Covid-19 masih sangat jauh. Dari 208,2 juta target sasaran, baru sekitar 8 persen yang sudah divaksin dosis lengkap.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, 8 persen yang sudah divaksin dosis lengkap tersebut sama den­gan atau sekitar 17 juta orang. Sedangkan masyarakat yang baru disuntik vaksin dosis pertama sebanyak 43.4 juta orang.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 harus dipercepat sesuai ketersediaan vaksin Covid-19,” pinta Nadia, dalam dialog virtual “A-Z” PPKM yang disiarkan YouTube Kominfo TV.

Baca juga : Netizen Rame-rame Setuju Tes Covid-19 Gratis

Nadia mengatakan, target vaksinasi Covid-19 saat ini telah bertambah menjadi 208,2 juta orang, dari sebelumnya 181,5 juta. Penambahan target tersebut menyusul penambahan rentang usia vaksinasi, yakni untuk anak remaja usia 12-17 tahun.

Menurutnya, saat ini Indonesia telah memi­liki lebih dari 130 juta dosis vaksin Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 75 juta dosis di antaranya telah siap disuntikkan kepada masyarakat target sasaran vaksin.

“Situasi ini yang harus kita kejar bersama sambil menurunkan penularan Covid-19,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes ini.

Baca juga : Pasien Isoman Jangan Minum Obat Sembarangan, Berbahaya

Presiden Jokowi, kata dia, juga telah mengingatkan semua pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19, agar mencapai target 2 juta vaksinasi dalam sehari. Jika tidak se­lesai, target herd immunity pada Desember 2021 tidak akan tercapai.

Akun @Gus_djon menilai, pencapaian 61 juta orang yang sudah disuntik vaksin Covid- 19 merupakan pencapain awal yang baik. Namun dia mengingatkan, selain pencapaian jumlah penerima vaksinasi, yang penting juga adalah penurunan kasus Covid-19.

“Teruskan untuk hari-hari ke depan. Seluruh rakyat harus mendapatkan vaksinasi Covid-19,” kata @Sumeru88.

Baca juga : Virus Corona Bikin Jurang Antara Si Kaya Dan Si Miskin Makin Lebar

Menurut @RyaWiedy, angka 17 juta orang yang mendapatkan vaksin lengkap atau dua dosis, masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah. Dia berharap, pemerintah bisa lebih cepat lagi melakukan suntik vaksin Covid-19 kepada masyarakat sasaran. “Semoga lebih lancar,” ujarnya.

Akun @HumasKss mengajak netizen segera suntik vaksin Covid-19. Dia bilang, vaksinasi dapat menguatkan respons imun serta kekebalan tubuh. Terutama para lansia yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.