Dark/Light Mode

Konsultasikan Ke Dokter Dulu

Pasien Isoman Jangan Minum Obat Sembarangan, Berbahaya

Sabtu, 24 Juli 2021 05:05 WIB
Ilustrasi. Isolasi mandiri (isoman). (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. Isolasi mandiri (isoman). (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasien isolasi mandiri (isoman) sebaiknya tidak sembarangan minum obat Covid-19. Semua obat-obatan harus dengan resep dokter.

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati meng­ingatkan, masyarakat tidak asal mengkon­sumsi obat yang diklaim oleh pihak tertentu dapat menyembuhkan Covid-19. Apalagi, itu didapat hanya dari pesan berantai atau media sosial (medsos).

“Yang beredar di WA (WhatsApp) dan medsos banyak, tapi benar atau tidak kan kita tidak tahu itu dari mana. siapa yang akan memantau kalau dipakai sendiri,” kata Zullies.

Berita Terkait : Netizen Rame-rame Setuju Tes Covid-19 Gratis

Menurutnya, obat-obatan yang dianggap aman dikonsumsi pada terapi Covid-19 telah termuat dalam pedoman tata laksana penanganan pandemi.

“Kalau diresepkan dokter tidak masalah, tetapi jangan pakai sendiri,” ujarnya.

Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran (Unpad) Keri Lestari menjelaskan, daftar obat terapi Covid-19 yang berseliweran di medsos me­muat informasi keliru. Terutama perihal dosis obat dan kriteria pasien.

Berita Terkait : Virus Corona Bikin Jurang Antara Si Kaya Dan Si Miskin Makin Lebar

“Pertama, dari penggunaan antivirus dosis­nya nggak pas. Yang paling harus diperhati­kan, pasien isoman tuh masuk kriteria apa? Kalau pasien tanpa gejala (OTG) nggak perlu antibiotik dan antivirus,” ungkapnya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pasien yang menjalani iso­man dapat memperoleh obat-obatan secara gratis dengan layanan telemedicine atau menghubungi Satgas RT/RW setempat. Atau kontak Puskesmas langsung.

Selanjutnya, pihak Puskesmas atau bidan desa akan melakukan triage, yaitu membagi­kan pasien isolasi menjadi beberapa kategori. Yakni, Orang Tanpa Gejala (OTG) dan pasien dengan gejala ringan. Nantinya, obat akan diberikan sesuai dengan data pembagian kategori yang dimaksud.

Berita Terkait : Masyarakat Senang Kalau Testing Tinggi, Kasus Positif Covid Turun

Sebelumnya, indonesiabaik.id mengung­gah meme beberapa obat yang harus dengan resep dokter untuk mengkonsumsinya. Termasuk untuk pasien isoman. Yaitu Steroid, Hidroksiklorokuin, Lopinavir/ritonavir, Antibiotik, Ivermectin dan Remdesivir.

“Karena penggunaan atau konsumsi obat yang tidak tepat atau berlebihan dapat ber­dampak serius bagi kesehatan dan mengan­cam nyawa, lho,” ujar indonesiabaik.id.
 Selanjutnya