Dark/Light Mode

Ini Suara-Suara Mahasiswa Soal Pemimpin Masa Depan

Jumat, 30 Juli 2021 13:40 WIB
Webinar bertajuk Pemimpin Masa Depan Indonesia Versi Mahasiswa yang digelar Lembaga Survei KedaiKOPI. (Foto: Zoom)
Webinar bertajuk Pemimpin Masa Depan Indonesia Versi Mahasiswa yang digelar Lembaga Survei KedaiKOPI. (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
Sementara Presiden Mahasiswa Universitas Cenderawasih Yops Itlay menilai, pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu memahami persoalan rakyatnya berdasarkan masing-masing daerah.

"Kita harus mempunyai pemimpin yang mampu melihat rakyatnya itu dari sudut pandangnya masing-masing," bebernya.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Cara Olah Daging Kurban yang Sehat di Masa Pandemi

Selama ini, katanya, pemerintah melihat persoalan Papua seperti melihat persoalan yang ada Jakarta. Padahal, kata Yops, kebijakan yang diambil untuk Papua tidak bisa disamakan dengan Ibu Kota. Akibatnya, banyak kebijakan yang diambil tidak berdampak atau tidak berpihak pada orang Papua.

"Pemimpin mendatamg harus melihat orang Papua itu dari sudut pandangnya orang Papua. Supaya dalam mengambil keputusan itu dia tidak kontradiktif antara pemerintah dengan rakyat dan rakyat juga terima dalam keputusan yang diambil pemerintah," ujar Yops.

Baca juga : Arungi Samudera Pasifik Dengan Perahu Dayung

Sekretaris Jenderal SEMA Universitas Paramadina, Nurul Hidayat, menyebut pemimpin yang baik adalah mereka yang memiliki hubungan timbal balik dengan rakyat.

"Jadi untuk pemimpin yang ideal di masa depan adalah bagaimana pemimpin memberikan kepuasan kepada rakyat," terangnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.