Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Calon Paskibraka Gagal Diklat, BPIP Prihatin

Jumat, 30 Juli 2021 21:05 WIB
Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina. (Foto: ist)
Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Sulawesi Barat bernama Kristina gagal berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Diklat Paskibraka Nasional. Digantikan oleh Anggie Fricilia Tamuntuan, lantaran Kristina positif Covid-19 setelah mengikuti tes PCR.

Atas hal tersebut, seseorang yang mengaku sebagai kakak Kristina, Melkisedek Takatio pun keberatan. Bikin surat terbuka yang viral dan meminta keadilan kepada Presiden Jokowi. 

Baca juga : BPIP Bekali Calon Paskibraka Nasional 2021 Pancasila

Kejadian pilu tersebut bikin Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) prihatin. Pasalnya, BPIP selama ini konsisten merealisasikan amanah Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda melalui Program Paskibraka. 

"Kami prihatin atas kondisi yang dialami adik Kristina. Adik Kristina, sebagaimana anak bangsa lainnya tentu sangat berharap untuk dapat mewakili provinsinya menjadi  Paskibraka tingkat nasional dan bertugas di Istana Negara pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI nanti,” ujar Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina saat dihubungi wartawan, Jumat (30/7). 

Baca juga : Brantas Abipraya Angkat Dua Direksi Baru

Untuk itu Rima mengharapkan agar semua pihak dapat tenang dalam menyelesaikan persoalan tersebut dan lebih mengedepankan musyawarah dengan tetap berpegang teguh kepada hukum positif. 

Lanjut, Rima juga mengingatkan selama Diklat Paskibraka tetap menjalankan protokol kesehatan. 

Baca juga : Ibas Bikin Panas

"Saya meminta kepada adik-adik capaskibraka di seluruh Indonesia yang sedang bersiap untuk menjadi Paskibraka agar sungguh-sungguh menerapkan protokol Covid, agar tidak mengalami kasus serupa dengan yang dialami Kristina," tutup Rima.

BPIP meminta seluruh pihak agar mendudukkan masalah ini sesuai dengan bukti dan ketentuan yang ada. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.