Dark/Light Mode

Hut RI Ke 76, Kapolri Targetkan Vaksinasi Covid Capai 70 Persen

Senin, 2 Agustus 2021 01:02 WIB
Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyiapkan strategi jitu untuk mencapai target 70 persen pelaksanaan vaksinasi massal di Hari Kemerdekaan RI ke-76 pada 17 Agustus 2021.

Ia juga telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolda jajaran untuk melakukan percepatan vaksinasi .

"Insya Allah kami dibantu dengan Pemerintah Daerah, TNI serta seluruh relawan mampu mencapai target 70 persen untuk vaksin bersama," kata Sigit dalam peluncuran Vaksinasi Merdeka di Polda Metro Jaya, Minggu (1/8).

Baca juga : Paling Cepat, Vaksinasi Tahap Pertama Di Bali Capai 102 Persen

Menurut Sigit, guna mencapai target 70 persen vaksinasi tersebut diperlukan pengorganisasian dan strategi yang baik. Seperti melakukan 'Gerakan Vaksinasi Merdeka'.

"Perlu ada pengorganisasian dan strategi yang bagus sehingga target vaksin bisa tercapai," ujar Sigit sebagai dikutip Antara.

Selain gerakan vaksinasi massal, kata Sigit, dalam percepatan pembentukan herd immunity atau kekebalan komunal masyarakat dalam menghadapi pandemi, Kepolisiana telah membuka gerai-gerai vaksinasi.

Baca juga : PPKM Manjur Turunkan Kasus Covid Di Semarang

Gerakan Vaksinasi Merdeka, khusus di Jakarta akan diselenggarakan di 668 titik, gerai vaksinasi yang tersebar di 900 Rukun Warga (RW), melibatkan 4.500 relawan yang terdiri atas 1.800 orang tenaga medis, dokter pelaksana screening, dan vaksinator, serta didukung 2.700 orang non tenaga medis, observator dan input administrasi.

Setiap relawan akan mendapatkan penggantian ongkos transportasi melalui aplikasi Gojek dan insentif. Target yang akan dicapai yaitu 200 suntikan per-RW per hari mulai dari 1 Agustus, sehingga dapat mencapai 3.060.000 suntikan pada saat hari Kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus nanti.

Selain di Jakarta, Sigit berharap, strategi serupa juga digelar di wilayah lainnya, sehingga target herd immunity bisa terealisasi.

Baca juga : RI Kembali Terima 1,5 Juta Vaksin Sinopharm Untuk Perangi Covid-19

"Saya serukan bagi rekan-rekan yang akan bergabung untuk ikut sama-sama dalam kegiatan vaksinasi, saya persilakan demikian di tempat-tempat lain. Sehingga target Pemerintah untuk segera percepat herd immunity, di Jakarta pada 17 Agustus tercapai," kata Sigit.

Dengan segeranya terwujud target percepatan vaksinasi, menurut Sigit, itu akan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian masyarakat. Mengingat, kesehatan menjadi prioritas di untuk bergeraknya aktivitas ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19.

"Kesehatan tentunya jadi salah satu faktor atau syarat mutlak. Sehingga seluruh aktivitas kegiatan masyarakat bisa berjalan," ucap Sigit. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.