Dark/Light Mode

Stok Plasma Darah Minim, JK Ajak Penyintas Covid Berdonor

Selasa, 3 Agustus 2021 12:55 WIB
Ketua Umum PMI, M Jusuf Kalla mengunjungi Unit Donor Darah (UDD), di Markas PMI DKI Jakarta, Senin (2/8).
Ketua Umum PMI, M Jusuf Kalla mengunjungi Unit Donor Darah (UDD), di Markas PMI DKI Jakarta, Senin (2/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), M Jusuf Kalla mengunjungi Unit Donor Darah (UDD) di Markas PMI DKI Jakarta Jl Kramat Raya Jakarta Pusat, Senin (2/8) malam.

Eks Wapres Jokowi ini datang untuk memberi semangat bagi para pendonor keluarga yang akan mendonasikan darah kepada kerabat yang sakit, termasuk pasien yang terpapar positif. 

“Saya datang memberi semangat kepada petugas dan relawan PMI yang melayani permintaan darah dan plasma darah konvalesen,” kata Jusuf Kalla yang akrab disapa JK ini melalui keterangan tertulisnya. 

Baca juga : Kemnaker Gelar Ngopi Daring Nasional, Ajak Milenial Terus Berkarya

JK mengungkapkan, stok plasma darah di PMI sangat terbatas. Apalagi sebulan terakhir ini terjadi lonjakan permintaan untuk plasma darah konvalesen,

Meskipun belum ada obat yang terbukti aman dan efektif untuk menyembuhkan Covid-19. Namun, penelitian telah membuktikan metode terapi plasma darah konvalesens yang diambil dari pasien yang telah sembuh dapat menolong pasien yang sedang menjalani perawatan Covid-19 di seluruh dunia.  

Di Indonesia penggunaan terapi plasma konvalesen ini pertama kali digagas oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bersama Palang Merah Indonesia pada April 2020 lalu. 

Baca juga : Sukses Gelar Vaksinasi Tahap 1, FKPPI Ajak Kadernya Aktif Perangi Covid-19

Berdasarkan data dari PMI, akurasi kesembuhan terapi plasma konvalesen mencapai 99 persen, di mana setiap 100 pasien yang diberikan terapi tersebut 99 di antaranya dinyatakan sembuh. 

Saat ini, permintaan Konvalesen semakin meningkat seiring dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia. 

Khusus untuk DKI Jakarta sendiri paling tidak ada 300 pasien yang masuk waiting list setiap harinya dan PMI baru mampu memenuhi 100 permintaan. 

Baca juga : Kebijakan Penanganan Covid Tidak Sembrono

Untuk itu, JK meminta kepada para penyintas Covid-19 mau mendonorkan konvalesennya demi membantu mereka yang masih berjuang melawan Covid-19. 

Menurut JK, saat ini PMI telah berkerja sama dengan pihak Blue Bird untuk mengantar jemput secara gratis para penyintas Covid-19 yang mau mendonorkan konvalesen darahnya dan beberapa Unit Donor Darah konvalesen buka 24 jam. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.