Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pesawat Kepresidenan Ganti Warna

Twit Lama Fadjroel Dihidupkan Kembali

Rabu, 4 Agustus 2021 07:30 WIB
Pergantian cat Pesawat Kepresidenan-1 atau BBJ2 dari warna biru langit menjadi merah darah. (Fot: Istimewa)
Pergantian cat Pesawat Kepresidenan-1 atau BBJ2 dari warna biru langit menjadi merah darah. (Fot: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pergantian cat Pesawat Kepresidenan-1 atau BBJ2 dari warna biru langit menjadi merah darah menghebohkan jagat maya. Pro-kontra menghiasi. Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman jadi salah satu sasaran perdebatan ini. Cuitan lamanya soal ini pun, ada yang menghidupkannya kembali.

Kehebohan soal pesawat presiden yang ganti warna itu bermula dari unggahan akun Instagram @adhimas_aviation, Minggu lalu. Fotograper pecinta pesawat terbang itu mengunggah foto penampakan baru pesawat kepresidenan yang sedang melakukan uji coba terbang keliling ke Pelabuhan Ratu, 12 Juli lalu.

Baca juga : Demo Berujung Petaka Terjadi Di Kota Kembang

“New Livery For A-001!” tulisnya, memberi keterangan. Keterangan dalam foto tersebut juga menuliskan Indonesian Government, A-001, Boeing 737-8U3 (BBJ2).

Dalam foto tersebut tampak pesawat kepresidenan telah berubah tampilannya. Pesawat yang sebelumnya berwarna biru muda dengan garis merah putih, telah berganti merah di bagian moncong sampai kepala lalu memanjang tipis sampai ke ekor.

Baca juga : Bamsoet Ajak Pengusaha Salurkan CSR Bantu Warga Terdampak Pandemi

Perubahan warna pesawat kepresidenan itu langsung disorot Ketua Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief. Eks Staf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu heran, apa alasan pemerintah melakukan perubahan warna pada pesawat kepresidenan tersebut.

Dia lantas menceritakan, kenapa dulu di era SBY, pesawat kepresidenan dicat dengan warna biru. Kata dia, desain dan warna itu merupakan karya dari seorang mayor di TNI AU. “Dominasi biru langit adalah upaya peningkatan keamanan penerbangan, sebagai warna kamuflase saat terbang,” cuitnya.

Baca juga : Pemprov DKI Cabut Surat Permintaan Bantuan Terkait Covid Ke Kedubes Asing

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga di era Presiden SBY, Roy Suryo juga ikut komentar. “Di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang tidak terkendali dan jutaan rakyat menderita, sempet-sempetnya nge-cat pesawat? Semoga hanya animasi,” kicau Roy Suryo di akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

Kritikan yang tak kalah pedas disampaikan pengamat penerbangan, Alvin Lie. Kata dia, biaya untuk mengecat pesawat tidaklah murah. Biaya cat ulang pesawat boeing jenis B737-800 ada di kisaran 100 ribu-150 ribu dolar AS, atau sekira Rp 1,5 miliar sampai 2,1 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.