Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cat Pesawat Kepresidenan Diganti

Demokrat-PDIP Panas Lagi

Kamis, 5 Agustus 2021 07:10 WIB
Pergantian cat Pesawat Kepresidenan-1 atau BBJ2 dari warna biru langit menjadi merah darah. (Fot: Istimewa)
Pergantian cat Pesawat Kepresidenan-1 atau BBJ2 dari warna biru langit menjadi merah darah. (Fot: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) geregetan dengan Partai Demokrat yang protes soal pergantian cat pesawat kepresidenan dari warna biru menjadi Merah Putih. Partai yang dikomandoi Megawati Soekarnoputri itu tak habis pikir dengan kebijakan yang telah disetujui DPR itu.

“Aneh saja kalau sekarang ada parpol atau anggota dewan yang mengritiknya,” ujar politisi PDIP, Arteria Dahlan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Demokrat: Bukan Soal Warna, Lagi Pandemi Jangan Sibuk Bersolek

Anggota Komisi III DPR ini merincikan, salah satu protes parpol yang aneh itu adalahpersoalan anggaran yang konon mencapai angka Rp 2 miliar. Padahal, Arteria menyebut beragam urusan anggaran, termasuk pengecetan pesawat kepresidenan itu sudah dilalui dan disetujui parpol di Senayan pada 2019. “Lah dulu saat dibahas, kenapa tak ditolak, bahkan mereka tidak mempermasalahkan sedikit pun kala itu?” ujarnya.

Politisi jebolan Universitas Indonesia (UI) menganalogikan, sensitifitas pengecetan pesawat ini seperti post colour syndrome, plesetan dari post power syndrome. Yaitu, sindrom pasca kekuasan. Alias, tidak bisa melepaskan kekuasaan yang sudah hilang dari Demokrat.

Baca juga : Twit Lama Fadjroel Dihidupkan Kembali

Pria berusia 46 tahun ini meyakini, tidak ada yang salah dengan pengecatan pesawat presiden dari warna biru di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kini diganti menjadi Merah Putih, warna bendera Indonesia.

“Justru, yang harusnya dipermasalahkan itu dulu jamannya Pak SBY, kok pesannya warna biru. Padahal memungkinkan untuk memesan warna Merah Putih. Tapi kami beradab dan berpikiran positif saja,” kilahnya.

Baca juga : Antisipasi Bencana Di Tengah Pandemi

Arteria menduga, jangan-jangan Partai Demokrat protes karena warna bendera partainya tidak lagi identik dengan warna pesawat kepresidenan yang lama. Warna saat ini, Merah Putih, adalah simbol persatuan sesuai warna bendera nasional Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.