Dark/Light Mode

Tambang Emas Martabe Donasikan Mobil Penyelamatan Harimau Sumatera

Kamis, 12 Agustus 2021 15:50 WIB
Kendaraan Penyelamatan Satwa yang didonasikan PTAR untuk Sanctuary Harimau Sumatera Barumun melalui Yayasan YPBMM.
Kendaraan Penyelamatan Satwa yang didonasikan PTAR untuk Sanctuary Harimau Sumatera Barumun melalui Yayasan YPBMM.

 Sebelumnya 
Sanny mengungkapkan dukungan kepada YPBMM ini berawal dari kerja sama pelepasliaran harimau Sumatera Sri Nabila ke Taman Nasional Gunung Leuser pada tanggal 3 November 2020 silam.

PTAR melanjutkan kemitraan dengan YPBMM dengan melaksanakan konservasi harimau Sumatera.

Pembina YPBMM, Biksu Nyanaprathama Mahasthavira dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan syukur atas dukungan serta motivasi baik dari Pemerintah maupun PT Agincourt Resources.

Baca juga : Berjuang Lawan Covid, Penyanyi Malaysia Meninggal Dunia 3 Hari Setelah Melahirkan

“Semoga melalui dukungan ini tujuan kita melakukan konservasi bisa tercapai,” kata Biksu.

Khususnya dalam rangka menyelamatkan satwa harimau di Barumun Sanctuary. Program konservasi harimau Sumatera yang dikelola YPBMM dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem No: SK.373/KSDAE/SET/KSA.2/9/2016 tanggal 30 September 2016 perihal Penetapan Suaka Satwa Harimau Sumatera Desa Batu Nanggar, Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas.

Berdasarkan persetujuan tersebut kegiatan konservasi berada dalam koordinasi penuh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara yang memiliki program penyelamatan, rehabilitasi dan pelepasliaran Harimau Sumatera (Panthera Tigris).

Baca juga : Vaksinasi Merdeka di Kecamatan Makasar Sudah Sasar 70 Persen Warga

Kasubbag Data Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumatera Utara, Andoko Hidayat bersyukur dan berterima kasih kepada Manajemen PT Agincourt Resources untuk konstribusi penting terhadap konservasi harimau Sumatera.

Menurutnya program konservasi ini tidak bisa dilakukan Pemerintah sendiri, tetapi harus melibatkan semua pemangku kepentingan, masyarakat dan mitra terkait agar upaya membangun ekologi dan ekonomi bisa berjalan selaras.

“Semoga serah terima kendaraan ini bisa bermanfaat optimal dan maksimal untuk konservasi hari ini dan ke depan, harapannya bukan hanya harimau tapi satwa liar lain juga bisa diselamatkan,” tandas Andoko.

Baca juga : Diceraikan, Posting Pesan Bersyukur

Senior Manager Corporate Communications PTAR, Katarina Siburian Hardono menambahkan bantuan yang diberikan merupakan salah satu upaya PTAR dalam mendukung serta memperkuat pengelolaan keanekaragaman hayati di Sumatera Utara.

”Ini adalah bukti komitmen kuat PTAR pada keberlanjutan lingkungan, dengan menjaga kelestarian flora dan fauna, khususnya konservasi hewan langka di Sumatera Utara,” kata Katarina. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.