Dark/Light Mode

PLN Dan Pertamina Duet Kelola Blok Rokan

Sinergi BUMN Diharapkan Makin Luas Garap Migas

Minggu, 15 Agustus 2021 05:40 WIB
Alih kelola Blok Rokan. (DOK. Pertamina)
Alih kelola Blok Rokan. (DOK. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) menyambut gembira Blok Rokan kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi menjelang Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-76. Diharapkannya, transisi pengelolaan ladang minyak dan gas (migas) dari PT Chevron Pasific Indonesia, berjalan mulus.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut momen bersejarah ini menjadi pelecut semangat bagi putra-putri Indonesia, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa dan rakyat Indonesia mampu mengelola segala potensi sumber dayanya secara mandiri.

Baca juga : Presiden Jokowi Percaya Pertamina Mampu Kelola Blok Rokan

Erick meminta PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN bisa memberikan pasokan listrik dengan kualitas yang baik dan andal. Hal ini untuk memastikan produksi di blok yang dikelola Pertamina Hulu Rokan (PHR), anak usaha PT Pertamina (Persero), bisa berjalan baik.

Pasalnya, Blok Rokan merupakan salah satu tulang punggung penghasil minyak nasional. Karena dari blok tersebut bisa memproduksi 25 persen minyak nasional.

Baca juga : Pertamina Lanjutkan Program Konversi LPG Bagi Nelayan dan Petani

“Kami percaya, PLN mampu menjaga keandalan pasokan listrik di Blok Rokan. Kita harus membuktikan, bahwa BUMN mampu mengelola aset-aset semacam ini,” tandas Erick saat meninjau fasilitas PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN), Selasa (10/8).

Mantan bos Inter Milan ini yakin, kolaborasi antar PLN dan Pertamina akan menjadikan kinerja yang lebih ekonomis dan efisien. Serta, mampu mendukung pengembangan sumur-sumur minyak Pertamina Hulu Rokan. Terutama dengan skala keekonomian yang lebih baik untuk ketahanan energi nasional.

Baca juga : Dipegang PHR, Produksi Minyak Blok Rokan Dijamin Tetap Joss

Erick menggarisbawahi, pengelolaan Blok Rokan dilihat sebagai satu kesatuan, yakni Pertamina sebagai pengelola, pasti akan bertanggung jawab menjaga kualitas produksi minyak. Sementara PLN memastikan mendukung pasokan listrik untuk blok migas.

Pemerintah berharap, ke depannya akan semakin terbuka peluang bagi PLN untuk ikut berkontribusi dalam penyedian ketenagalistrikan bagi lokasi-lokasi Blok Migas lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.