Dark/Light Mode

Kasus Korupsi Proyek Toilet Sekolah

Si Bupati Keburu Wafat, KPK Target Kepala Dinas

Rabu, 25 Agustus 2021 06:50 WIB
Deputi Penindakan KPK Karyoto. (Foto: Antara)
Deputi Penindakan KPK Karyoto. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Bekasi menganggarkan Rp 98 miliar untuk pembangunan 488 toilet di sejumlah institusi pendidikan.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya mempertahankan predikat Kabupaten Sehat melalui program mewujudkan daerah yang bersih, aman, nyaman dan sehat menuju Indonesia Sehat.

Program ini digeber sebagai bagian pencegahan Covid-19 dan persiapan pembukaan pembelajaran tatap muka tahun 2021.

Baca juga : Kasus Korupsi Tanah Munjul, KPK Telusuri Aset Tersangka Rudi Hartono

Salah satu sekolah yang menjadi sasaran proyek adalah SD Negeri 04 Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan. Anggaran pembangunan setiap toilet ditetapkan Rp 196.848.000. Proyek dikerjakan CV Cikal Kelapa Mandiri.

Toilet yang dibangun berdimensi 2,7 x 2,6 meter. Dua kamar untuk kloset jongkok dengan satu keran air. Satu kamar berisi urinoar untuk buang air kecil.

Pintu toilet menggunakan bahan aluminium dengan lapisan kertas tebal mirip kayu atau High Pressure Laminate (HPL). Terdapat ventilasi di masing-masing toilet.

Baca juga : Kasus Korupsi Pemeriksaan Pajak, KPK Tahan Pejabat Ditjen Pajak

Di depan bangunan toilet tersedia dua wastafel atau sarana cuci tangan dan dua cermin, serta lima keran injak di sejumlah titik selasar toilet. Keran injak sengaja dipilih untuk mencegah penularan Covid-19.

Saat meluncurkan program ini, Bupati Eka Supria Atmaja mengemukakan toilet dibangun untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. “Sengaja kita anggarkan untuk (pembelajaran) tatap muka,” kata Eka, Rabu (16/12/2020).

Eka menyatakan anggaran proyek sudah sesuai kebutuhan. Ia menegaskan proyek ini dipantau Inspektorat. “Nanti lihat saja kerugian negaranya di mana dan kita memang ini kan belum selesai. Ini memang sedang dibangun,” kata Eka. [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.