Dark/Light Mode

Petani-Pedagang Masih Rugi, Bupati Temanggung Minta Harga Tembakau Dinaikkan Lagi

Sabtu, 28 Agustus 2021 11:16 WIB
Bupati HM Al Khadziq meninjau jual beli tembakau di gudang milik PT Gudang Garam di wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. (Foto: ist)
Bupati HM Al Khadziq meninjau jual beli tembakau di gudang milik PT Gudang Garam di wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengatakan, kualitas tembakau asli Temanggung dimusim ini semakin bagus, karena didukung cuaca yang baik. Oleh karena itu, dia meminta, harga pembelian oleh pabrikan rokok seharusnya juga semakin tinggi.

Hal tersebut dikatakan Bupati usai melakukan pemantauan pembelian tembakau di gudang Perwakilan PT Gudang Garam di Kecamatan Bulu, Temanggung, Kamis (26/8) lalu.

"Harga pembelian oleh industri per hari ini para petani masih rugi, para pedagang juga masih rugi, oleh sebab itu tadi saya sampaikan permintaan para petani dan pedagang ke perwakilan Gudang Garam agar harga beli bisa dinaikkan lagi," katanya.

Baca juga : Percepat Vaksinasi Pedagang Pasar, Dapat Menggerakan Ekonomi Daerah

Hasil pantauannya, di Temanggung dua pabrikan besar perwakilan PT Gudang Garam dan PT Djarum Kudus sudah membuka pintu pembelian tembakau petani. Namun, harga pembelian masih belum menguntungkan petani.

"Saya yakin sekarang musimnya bagus, cuacanya bagus, semakin tua tembakau kualitas juga akan semakin bagus, saya yakin harga juga akan semakin naik lagi," terangnya.

Bupati menegaskan, bahwa volume produksi tembakau asli Temanggung tahun ini sekitar 14 ribu ton. Bupati meminta ke perwakilan pabrik agar menyerap tembakau Temanggung sampai habis diakhir musim nanti.

Baca juga : Jelang Liga 1, Persela Lamongan Masih Tunggu Hadirnya Pemain Asing

"Tetapi saya juga mengajak seluruh petani dan pedagang, buatlah tembakau Temanggung yang sebaik-baiknya, tidak usah dicampur dengan tembakau dari luar. Kita ini orang Temanggung yang kita pentingkan tembakau Temanggung," katanya.

Salah satu grader PT Gudang Garam, Hartanto mengatakan, saat ini pembelian di perwakilan Gudang Garam Temanggung sudah mencapai angka Rp 62.500 per kilogram per Kamis (26/8).

Ia berharap, cuaca akan tetap baik dan kualitas tembakau juga akan semakin baik, sehingga kedepan harga pun juga bisa baik. "Kita berdoa bersama supaya sinar matahari baik, cuaca jangan hujan. Harga itu menyesuaikan kondisi tembakau kalau baik ya tentu harga baik, sekarang tertinggi sudah ada Rp 62.500," katanya.

Baca juga : Kominfo Dukung Gerakan Vaksin Merdeka, Minta Warga Tak Takut Disuntik

Untuk target pembelian, pihaknya akan membeli 10 ribu ton dan mungkin akan lebih tergantung pada kondisi. "Mudah-mudahan nanti bisa lebih, tergantung perusahaan, perusahaan minta beli terus kita laksanakan, karena itu juga yang kita harapkan," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.