Dark/Light Mode

Percepat Vaksinasi Pedagang Pasar, Dapat Menggerakan Ekonomi Daerah

Kamis, 26 Agustus 2021 20:04 WIB
Percepat Vaksinasi Pedagang Pasar, Dapat Menggerakan Ekonomi Daerah

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) melalui aksi Danamon Peduli menggulirkan program vaksinasi bagi para pedagang pasar. Program ini juga menjadi bagian dari rangkaian acara peringatan hari jadi Danamon yang ke 65 sekaligus turut memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Direktur Syariah & Sustainability Finance, Herry Hykmanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Program vaksinasi untuk para pedagang merupakan wujud kepedulian kami terhadap masyarakat khususnya di lingkup pasar. Ini merupakan wujud nyata dukungan kami terhadap pemerintah dalam penanganan Covid-19, khususnya terkait dengan percepatan vaksin.

Baca juga : Di Depan 100 Ekonom, Jokowi Ungkap 3 Strategi Besar Dongkrak Ekonomi RI

"Kami berharap vaksinasi ini dapat membantu mempercepat pembentukan kekebalan komunitas di kalangan para pedagang, sehingga mereka dapat beraktivitas kembali secara aman dan dapat menghidupkan kembali perekonomian di daerah. Dengan terjaganya kesehatan lingkungan pasar lebih terlindungi dan nyaman dalam beraktifitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Danamon yakin dengan bersama dan saling berkolaborasi kita semua bisa bangkit dan bertumbuh di masa yang sulit ini,” ujar Herry Hykmanto.

Sebagai keberlanjutan Program Danamon Peduli melalui Pasarku Bersih dan Sehat, serta kesiapan/tanggap bencana, maka dalam situasi pandemi saat ini, Danamon Peduli melaksanakan program vaksinasi masyarakat. Dalam program vaksinasi pedagang ini sekitar 3.250 dosis vaksin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia disalurkan di 6 wilayah lokasi pelaksanaan. Kegiatan ini turut didukung diantaranya oleh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan setempat, PD Pasar Jaya, Jakarta Kolaborasi, PT Bio Farma, PT Kimia Farma, PD Pasar Jaya, BPR Bank Sleman, Perumda Pasar Juara Kota Bandung dan Perumda BPR Bank Bandung serta berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga : Jokowi Pede Daya Saing Ekonomi Kaltim Terkerek

Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra mengatakan, kegiatan sosial perusahaan (CSR) PT Bank Danamon Indonesia Tbk. dan PT BPR Bank Sleman dalam bentuk vaksinasi kepada para pedagang pasar tradisional di Sleman sejalan dengan upaya pemerintah dalam mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity).

"Kami mengapresiasi dan mendukung bentuk CSR Danamon dan Bank Sleman yang didukung oleh Pemkab Sleman melalui Vaksinasi Gotong Royong [VGR] untuk para pedagang pasar tradisional. Apalagi pasar merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli. Dengan vaksinasi ini diharapkan imunitas para pedagang dapat terjaga dengan baik sehingga aktivitas pasar dapat berjalan dan turut menggerakkan roda perekonomian," ujarnya.

Baca juga : Kenali Kemasan Makanan yang Higienis dan Ekonomis Selama Pandemi

Selain vaksinasi, Danamon juga mendukung komunitas pasar melalui program Healthy Banking for Communities yang mengusung tema ‘Merdeka dari Covid’. Melalui program Healthy Banking for Communities, Danamon turut mendukung proses digitalisasi pembayaran di Pasar Juara Kota Bandung dan Pasar Sleman, yakni dengan mendorong digital collection retribusi pasar dan QRIS guna membantu terciptanya transaksi secara non-tunai yang dapat membentuk lingkungan pasar yang sehat dan nyaman khususnya di masa pandemi ini. (ARM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Live KPU