Dewan Pers

Dark/Light Mode

Airlangga: Sulut, Babel, Kaltara, Dan Kaltim Masih PPKM Level 4

Senin, 30 Agustus 2021 22:49 WIB
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto saat mengumumkan perkembangan Covid-19 dan perpanjangan PPKM, Senin (30/8). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto saat mengumumkan perkembangan Covid-19 dan perpanjangan PPKM, Senin (30/8). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto mengungkapkan update terkini perihal pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali.

Airlangga menyatakan, PPKM di luar Jawa-Bali masih berlangsung hingga 6 September 2021. Dalam pelaksanaannya, masih ada empat dari sebelumnya tujuh provinsi yang masih menerapkan PPKM Level 4.

Proses penurunan jumlah provinsi yang menerapkan level 4 tersebut terjadi 28 Agustus 2021.

Berita Terkait : Sudah Banyak Yang Turun Ke Level 3, DIY Dan Bali Masih Nangkring Di Level 4

"Tinggal Sulawesi Utara (Sulut), Bangka Belitung (Babel), Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Timur (Kaltim) yang masih Level 4," kata Airlangga dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (30/8).

Penurunan juga terjadi di tingkat kabupaten/kota, ya awalnya terdapat 104 daerah menerapkan PPKM Level 4 pada 20 Agustus, per 28 Agustus turun menjadi 85 daerah. Jumlah daerah yang menerapkan PPKM Level 3 juga turun dari 234 kabupaten/kota menjadi 232 kabupaten/kota.

Kenaikan terjadi pada daerah yang menerapkan PPKM Level 2 dari 48 menjadi 68 kabupaten/kota serta 1 daerah menerapkan PPKM Level 1. Airlangga juga mengumumkan perbaikan kasus konfirmasi Covid-19 di 3 kabupaten yakni Palembang, Batanghari, dan Sumba Timur.

Berita Terkait : Mayoritas Daerah Turun Level PPKM, DIY Dan Bali Masih Ngendon Di Level 4

"Kabupaten/kota ini telah menunjukkan perbaikan baik dari konfirmasi kesembuhan, kematian, positivity rate dan bed occupancy rate," tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan ada penurunan mobilitas di 20 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 antara lain Kota Medan, Kota Banda Aceh, dan Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara itu, ada peningkatan mobilitas di sembilan kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 antara lain Kota Bandar Lampung, Kota Pematang Siantar, dan Kota Jambi. [FAQ]