Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tiga BUMN Kolaborasi Jaga Keandalan Listrik

Senin, 6 September 2021 08:33 WIB
PT PLN (Persero) konsisten menjaga pasokan listrik yang andal bagi kepentingan nasional. (Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani).
PT PLN (Persero) konsisten menjaga pasokan listrik yang andal bagi kepentingan nasional. (Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, perusahaan konsisten menjaga keada­lan pasokan listrik un­tuk kepentingan nasional. Salah satu caranya dengan membeli batubara lang­sung dengan kontrak jang­ka panjang dari perusahaan pemilik tambang seperti PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA).

“Hal ini merupakan tin­dak lanjut dari nota kesepa­haman yang disepakati pada 19 Agustus, dalam menjaga pasokan batubara dan ke­andalan listrik,” ujar Dar­mawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, kemarin.

Baca juga : QNET dan Kolaborasi Indonesia Percepat Terciptanya Herd Immunity

Direksi PLN, PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) dan PTBA juga telah mengunjungi tambang dan PLTU Sumsel 8 Tanjung Lalang, Muara Enim milik PTBA, pada Jumat (3/9) dan Sabtu (4/9).

Darmawan mengatakan, tujuan kerja sama ini agar PLN mendapat pasokan batubara dengan orientasi jangka panjang.

Baca juga : Kementerian BUMN Puji Transformasi Holding Perkebunan Nusantara

“Dengan fluktuasi harga, maka tentu saja harapan kami pasokan batubara di masa mendatang bisa stabil,” tutur Darmawan.

Di samping itu, imbuh Darmawan, pihaknya mengapresiasi PTBA dan KAI dalam mendukung pasokan energi ini. Karena ke de­pan, negara akan semakin berkembang dan membu­tuhkan keandalan listrik. Darmawan optimistis du­kungan PTBA dan KAI dapat mendorong peningka­tan pelayanan terbaik bagi masyarakat, agar pasokan listrik lebih andal dan harga stabil. Sehingga pelayanan listrik bisa lebih baik lagi.

Baca juga : Presiden Dan Ketum Kadin Tinjau Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan

“Kolaborasi dengan PTBA ini bisa jangka panjang. Kami analisis secara teknis dan komersial juga risiko. Ini akan dilanjutkan studi bersama PLN dan PTBA dan soal pengangkutan dengan KAI,” terang Darmawan.

Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto, sebagai tuan rumah menyambut baik kedatangan PLN dan PT KAI dalam kunjungan tersebut. Suryo menilai, sinergi yang dilakukan ke­tiga BUMN ini merupakan langkah create value bagi BUMN dan juga negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.