Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BAZNAS Dorong Kemajuan Usaha Kelompok Mustahik Disabilitas

Senin, 6 September 2021 11:15 WIB
BAZNAS Dorong Kemajuan Usaha Kelompok Mustahik Disabilitas

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok mustahik (penerima zakat) disabilitas yang tergabung dalam kelompok Anggrek KCB (Karya Cacat Berkreasi), binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS berlokasi di Ujungharapan, Desa Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, telah terbentuk sejak Desember 2019 lalu.

Kelompok itu kini beranggotakan 10 orang warga difabel dengan berbagai kebutuhan khusus. Namun, keadaan tak sempurna tidak membuat mereka putus asa, justru tetap memiliki tekad dan semangat yang kuat.

Bantuan yang mereka terima pada 2019 lalu sebagian besar dimanfaatkan untuk pembelian perlengkapan usaha, berupa mesin obras, overdeck, dan mesin jahit. Hingga saat ini, kelompok Anggrek KCB telah mendapatkan pendampingan usaha secara intensif.

Baca juga : Smartfren Berikan Donasi untuk Rumah Baca dan UMKM Disabilitas

Pendamping program BAZNAS, Rusnadi mengungkapkan, pendampingan intensif bertujuan menguatkan mental dan membangun mindset usaha yang maju, membimbing mustahik menjadi entrepreneur yang baik dan berkah, serta menjadikan mustahik menjadi muzaki (pemberi zakat).

Rusnadi menegaskan, hal ini tentu bukan hal yang mudah. Namun dia mengingatkan, pasti ada cara dan solusi untuk mewujudkannya. Dalam perjalanan, kelompok ini pun menurutnya mengalami pasang surut, untung rugi, surutnya motivasi anggota dan lain sebagainya.

“Ini hal yang wajar dalam pemberdayaan ekonomi mustahik," ujar Rusnadi.

Baca juga : Menaker Dukung Kebijakan Ekonomi Inklusif Bagi Difabel

Yang jelas, hingga sekarang, kelompok Anggrek KCB masih tetap eksis dalam memproduksi berbagai jenis produk, seperti kerudung, masker, kaos, tas dan lain-lain.

Yuli (40), Ketua Kelompok Anggrek KCB mengungkapkan, meski saat ini kelompoknya telah memiliki banyak permintaan pasar dari pelanggan prioritas maupun konsumen lainnya, akan tetapi masih terkendala kurangnya SDM.

Karena itu, kelompok Anggrek KCB ingin melakukan ekspansi bisnis dengan memperbanyak SDM, yang nantinya akan dilatih menjadi tenaga produksi. Caranya, dengan mendirikan Rumah Panggung Konveksi di Kampung Beting, Desa Pantaibahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Baca juga : BAZNAS Berikan Layanan Kemudahan Zakat Melalui Pospay

"Kegiatan pelatihan produksi nantinya akan membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sana, yang apabila dikelola dengan baik, akan berdampak luar biasa bagi masyarakat setempat," ujar Yuli.

Ditargetkan, Rumah Panggung Konveksi akan selesai pembangunannya pada Oktober 2021 mendatang. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.