Dewan Pers

Dark/Light Mode

KPK Bantah Dugaan TPPU Eks Bupati Kukar Mangkrak

Senin, 6 September 2021 13:01 WIB
Gedung KPK. (Foto: Ist)
Gedung KPK. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah pengusutan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mangkrak.

Tudingan itu sebelumnya dilontarkan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) yang menyebut, KPK tidak melanjutkan kasus itu sejak Desember 2020.

Berita Terkait : KPK Geledah Rumah Dinas Bupati Probolinggo

"KPK pastikan penanganan perkara ini masih terus berjalan. Tim masih terus bekerja melengkapi berkas penyidikannya," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Senin (6/8).

Penyidik KPK, dipastikannya masih mencari bukti dugaan pencucian uang yang dilakukan Rita hingga saat ini. "Sehingga tidak tepat jika ada pihak mengatakan perkara ini mangkrak," tegasnya.

Berita Terkait : KPK Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah Untuk SMKN 7 Tangsel

Ali mengatakan pengusutan kasus pencucian uang yang dilakukan Rita tidak bisa sembarangan. Komisi antirasuah butuh bukti kuat sebelum menetapkan Rita kembali menjadi tersangka.

"KPK dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka tentu bukan karena keinginan pihak-pihak tertentu, namun karena adanya kecukupan alat bukti," tutur Ali.

Berita Terkait : Pemerintah Janji Perluas Vaksinasi Bagi Pelajar

KPK meminta masyarakat bersabar. Dia memastikan kasus itu akan dituntaskan sesegera mungkin. "Kami terus bekerja mengungkap dan menuntaskan perkara dimaksud sesuai koridor aturan hukum yang berlaku," tandasnya.
 Selanjutnya