Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kata Menkes Soal Penanganan Corona RI

Dulu Dicela, Kini Dipuji

Jumat, 10 September 2021 07:40 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Dok. BNPB)
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin alias BGS, blak-blakan soal sikap negara lain terkait penanganan pandemi Corona di tanah air. Dia bilang, persepsi dunia internasional terhadap Indonesia sudah berbalik. Kalau dulu, Indonesia dicela dan diragukan, kini dipuji.

Di bulan Juli, penyebaran virus Corona di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Ngamuknya varian Delta membuat kasus positif menembus 50 ribuan kasus per hari. Tingginya jumlah kasus harian, membuat rumah sakit di sejumlah daerah nyaris kolaps.

Berbagai kritikan dan cibiran pun dilayangkan ke Pemerintah Indonesia. Baik dari dalam negeri, maupun dunia Internasional. Bahkan, sejumlah negara memutuskan untuk menutup pintu kedatangan bagi Indonesia.

Baca juga : Luhut Bilang Terkendala Tapi Bisa Terkendali

Namun, kondisi saat ini sudah jauh lebih membaik. Meskipun virus Corona belum minggat sepenuhnya, tapi penyebarannya sudah mulai bisa dikendalikan. Dalam sebulan terakhir ini, kasus aktif harian turun jauh ke bawah 10 ribuan per hari. Menurunnya jumlah kasus Corona membuat tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) ikutan menurun.

Secara perlahan, sejumlah daerah keluar dari zona merah. Di Jakarta misalnya, kini sudah tak ada lagi RT yang masuk zona merah. Dari 30.482 RT yang ada di Ibukota, sebanyak 95 persen sudah masuk zona hijau. Sisanya masih zona oranye.

Tak hanya itu, program vaksinasi yang digencarkan oleh pemerintah juga menunjukkan hasil yang makin baik. Saat ini, Indonesia masuk peringkat 6 besar di dunia dalam program vaksinasi. Padahal, Indonesia bukan negara penghasil vaksin seperti Amerika, Inggirs, India dan sebagainya.

Baca juga : Dibilang Takjub Dengan Situasi Covid RI, Seperti Apa Penanganan Corona Di Malaysia?

Bahkan politisi di Malaysia sampai iri dengan penanganan Corona di Indonesia yang jauh lebih baik dibanding negaranya. Padahal, jumlah penduduk Indonesia, berkali-kali lipat dibandingkan Malaysia.

Munculnya keheranan di dunia internasional terhadap Indonesia, juga dibenarkan oleh Budi Gunadi Sadikin. Hal ini diketahui, setelah BGS ikut dalam pertemuan G20 Menteri Kesehatan Dunia di Roma, Italia pada 5-6 September kemarin. Menurutnya, sekarang terjadi perubahan sikap dunia internasional kepada Indonesia.

“Kita sempat dicela banyak orang, tapi sekarang yang lain yang mencela kita kena juga. Saya bilang, kita turun itu, karena semua tim bekerja keras,” tutur BGS dalam acara daring yang disiarkan melalui Kanal YouTube RSUP Persahabatan, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.