Dark/Light Mode

Dari Masiku Sampai Penjara Seperti Neraka

Yasonna (Biasanya) Selalu Keluar Dari Lobang Jarum

Sabtu, 11 September 2021 09:16 WIB
Menkumham Yasonna H Laoly (tengah) saat meninjau Lapas Kelas I Tangerang yang terbakar. (Foto: Instagram/yasonnalaoly)
Menkumham Yasonna H Laoly (tengah) saat meninjau Lapas Kelas I Tangerang yang terbakar. (Foto: Instagram/yasonnalaoly)

 Sebelumnya 
Wakil Ketua MPR ini mengatakan, dugaan sementara musibah ini terjadi akibat arus pendek listrik. Bangunan yang terbakar itu sudah tua, instalasi listriknya belum pernah dibenahi sejak berdiri 1972. Di sisi lain sudah terjadi over kapasitas. ‘’Berlebihan dan tidak elok jika kasus ini dijadikan komoditas politik praktis untuk mengganti jabatan menkumham,’’ ujarnya.

Bukan kali ini saja Yasonna disorot publik. Sebelumnya, mantan Anggota Komisi III DPR itu juga sempat dikritik atas lolosnya Harun Masiku pada Januari 2020. Saat itu, Imigrasi menyatakan Masuki ada di luar negeri karena keluar dari Tanah Air pada 6 Januari. Padahal, Masiku telah kembali ke ke Indonesia pada 7 Januari. 

Meski gelombang protes waktu itu sangat besar, Yasonna tetap selamat. Dia tidak kena reshuffle. Yang menjadi "korban" justru Ronny Sompie yang dicopot dari jabatan Direktur Jenderal Imigrasi dan Alif Suadi dari jabatan Direktur Teknologi Keimigrasian.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin memprediksi, untuk kasus kebakaran Lapas Tangerang, Yasonna juga bakal aman. Soalnya, Yasonna di-backup PDIP.

"Menteri yang direkomendasikan PDIP tak mungkin diganti Jokowi. Kecuali menteri yang ditangkap KPK seperti Juliari Batubara," kata Ujang, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam. 

Tapi kata dia, mungkin saja Yasonna akan digeser. Isu yang beredar sejak lama menyebut Yasonna akan menjadi Jaksa Agung. 

Analisis senada disampaikan pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio. Kata dia, Yasonna memegang peranan kunci di PDIP. Jadi, kecil kemungkinan Yasonna didepak dari kabinet. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.