Dark/Light Mode

Hadiri Pelantikan Wako Padang, Zulhas: Jangan Biarkan Warga Kelaparan Dan Tak Sekolah

Kamis, 8 April 2021 18:33 WIB
Zulkifli Hasan (kanan) disambut Hendri Septa yang dilantik sebagai Wali Kota Padang. (Foto Zulhas/FB)
Zulkifli Hasan (kanan) disambut Hendri Septa yang dilantik sebagai Wali Kota Padang. (Foto Zulhas/FB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) yang juga Wakil Ketua MPR menghadiri pelantikan Wali Kota Padang, Hendri Septa, Rabu (7/4/2021). Hendri yang merupakan politikus PAN, akan menjadi Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024.

Zulkifli Hasan mengucapkan selamat atas pelantikan Hendri. Ia berpesan jangan sampai ada warga yang tidak sekolah, kelaparan hingga kesulitan berobat, dan utamakan musyawarah dalam menjalankan tugas.

"Doa saya semoga sehat sukses selalu. Tadi Wali Kota Padang sudah disumpah, tugasnya satu, melindungi segenap masyarakat Kota Padang khususnya,” ungkap Zulhas di Auditorium Gubernuran, Padang, Rabu (7/4/2021)

Berita Terkait : Puan-Prananda Jangan Sampai Perang Saudara

Zulhas yang menjabat sebagai ketua MPR pada 2014-2019 itu menekankan Wali Kota Padang harus melindungi seluruh rakyat Padang agar hidup warga kota padang lebih baik, lebih sejahtera, dan lebih adil. “Layanilah rakyat Padang sebaik-baiknya,” tukasnya.

Wali Kota Hendri Septa menyampaikan akan fokus melanjutkan program unggulan yang telah dirancang sejak 2019. "Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, dan fokus pertama adalah memantapkan pelayanan publik terutama di Kantor Catatan Sipil," katanya.

Pelantikan itu sungguh menarik. Karena Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharallah yang melantik Hendri sebelumnya adalah pasangan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang. Diusung koalisi PKS-PAN, pasangan itu berhasil memenangkan Pilkada Kota Padang pada 2018.

Berita Terkait : Zulhas Mulai Ketularan Amien

Namun, setelah sekitar dua tahun memimpin, Mahyeldi yang merupakan Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumbar, terpaksa harus meninggalkan kursi wali kota karena ditugaskan partai untuk mengikuti laga Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020 dengan didampingi pengusaha Audy Joinaldy.

Dewi Fortuna berpihak kepada Mahyeldi. Dia bersama Audy menang Pilgub. Yang bersangkutan dilantik menjadi gubernur pada Februari lalu. Pasca-Mahyeldi diangkat menjadi gubernur, Hendri pun naik status sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang. Kini Hendri resmi menjabat sebagai Wali Kota.

Kini tentang siapa sosok yang akan duduk di kursi Wakil Wali Kota (Wawako) pun menjadi perhatian. Ada anggapan, kursi wawako adalah milik PKS, sebab kursi wali kota telah diisi kader PAN. Saat ditodong pertanyaan perihal kursi wawako, Zulkifli enggan berkomentar.

Baca Juga : Eks Dirut Sarana Jaya Usai Digarap KPK: "Permisi ya..."

“Wali Kota baru hari ini dilantik. Istirahat dululah sehari. Besok baru ngomong soal Wakil Wali Kota,” katanya. Lalu bagaimana tanggapan PKS? Mahyeldi mengatakan DPW PKS Sumbar sudah mengusulkan sejumlah ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Dalam membahas siapa wakil wali kota Padang, pihaknya akan mengikuti mekanisme aturan yang ada. “Kita ikuti aturannya,” ucapnya dilansir media Padangkita. [MEL]