Dark/Light Mode

Dampingi Kunker Presiden, Gibran Kikuk

Rabu, 15 September 2021 08:05 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ikut menyambut kedatangan Presiden Jokowi saat menghadiri acara di UNS Solo, Senin (13/9/2021). (Foto: Humas Pemkot Solo)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ikut menyambut kedatangan Presiden Jokowi saat menghadiri acara di UNS Solo, Senin (13/9/2021). (Foto: Humas Pemkot Solo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tujuh bulan menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka akhirnya berada dalam 1 forum dengan Presiden Jokowi. Meskipun berstatus sebagai anak-bapak, Gibran terlihat kikuk saat pertama kali mendampingi Jokowi. Saat berjalan pun, Gibran memilih berada di barisan belakang Jokowi.

Kemarin, jadi momen perdana bagi Gibran bertemu dengan Jokowi dengan status sebagai Wali Kota. Jokowi menghadiri pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang digelar di Auditorium Fakultas Kedokteran, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah.

Dalam acara itu, Gibran mengenakan pakaian dinas harian atau PDH Aparatur Sipil Negara berwarna coklat krem. Sedangkan Jokowi tampil dengan batik cokelat lengan panjang dengan setelah celana hitam.

Berita Terkait : Gibran Dinasihati Djarot

Selain Gibran, ada petinggi lain yang juga hadir dalam acara tersebut. Yakni, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Rektor UNS selaku Ketua MRPTNI Prof Jamal Wiwoho dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sayangnya, forum tersebut bersifat tertutup untuk diliput media dengan alasan pandemi Covid-19. Di media sosial, hanya foto-foto saat Jokowi sedang berpidato saja yang bisa disaksikan. Jokowi yang duduk di barisan depan, didampingi seluruh pejabat yang hadir. Termasuk Rektor UNS dan Gibran. Untuk posisi duduk, Gibran berada di ujung sebelah kanan.

Sikap kikuk Gibran bisa dilihat dari video yang tersebar di media sosial, saat Jokowi akan meninggalkan lokasi acara. Saat hendak berpamitan, Gibran berdiri agak dekat dengan Jokowi. Keduanya saling berhadapan, sedikit membungkuk dan mengangkat salam tangan. Gubernur Ganjar yang berdiri di sampingnya, juga mengambil sikap yang sama.

Berita Terkait : Sampai Detik Ini, Jokowi Tidak Tergoda 3 Periode

Namun, ketika Jokowi berjalan menuju mobil, Gibran mulai mengambil jarak. Gibran memilih berjalan di barisan belakang, tidak beriringan dengan Jokowi. Begitu pun, saat Jokowi sampai di pintu mobil Toyota Alphard, Gibran tetap berada di barisan belakang.

Dia hanya menyaksikan bapaknya berbincang dengan Nadiem Makarim, Muhadjir Effendi dan Rektor UNS. Kedua tangannya berada di depan dengan posisi saling menempel.

Baru ketika Jokowi memasuki mobil, Gibran mengambil sikap sempurna. Berdiri tegak, lalu membungkuk ke arah Jokowi. Seakan mengisyaratkan rasa terima kasih, karena sudah berkunjung ke Solo.

Berita Terkait : Prabowo: Makin Dijelekin, Kamu Akan Semakin Baik

Untuk diketahui, sejak Gibran dilantik sebagai Wali Kota Solo pada Februari lalu, Jokowi belum pernah melakukan kunjungan kerja ke Solo. Padahal, beberapa daerah sekitar Solo, seperti Klaten dan Yogyakarta, sudah beberapa kali dikunjungi Jokowi.
 Selanjutnya